Enrolment options

Manajemen Pemasaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:
Mata kuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad 21; analisis kesempatan pasar melalui analisis lingkungan pasar; penentuan target pasar dan pengembangannya melalui Segmenting, Targeting, dan Positioning; pengembangan strategi pemasaran; pengambilan keputusan pemasaran; dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien
Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep utama dan prinsip-prinsip manajemen pemasaran
  • Menjelaskan bagimana bauran pemasaran memberikan dampak pada perencanaan dan eksekusi dari strategi-strategi pemasaran (explain how marketing mix implicate planning and execution of the marketing strategy)
  • Mendeskripsikan permasalahan yang di hadapi oleh professional pada bidang pemasaran ritel, dan juga alat dan model bagaimana manajer meningkatkan kepuasan pelanggan, kualitas barang, dan nilai. (Describe problems faced by professional on marketing, and also explain how tools and model used by manager could improve consumer satisfaction, product quality, and value)
  • Memahami bagaimana elemen-elemen dari bauran pemasaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi organisasi (understand how marketing mix elements could be used to solve problems faced by the organization)
  • Membedakan jenis-jenis produk dan jasa , dan menggambarkan penerapannya untuk mengembangkan strategi pemasaran (differentiatie between products and services, and illustrate the implementation to develop marketing strategy)
  • Membentuk kemampuan berpikir kritis dan menyelesaikan permasalahan pada pemasaran dan manajemen (develop critical thinking skills and solving problems within marketing and management scope)
  • Membuat essay/paper yang logis, terstruktur, jelas, dan ditulis secara baik (creates essay/paper with logical, structured, clear, and concise manner)
  • Mengkomunikasikan ide-ide dengan jelas (communicates ideas clearly)
  • Merencanakan dan mengeksekusi project sebagai bagian dari tim dan menerapkan strategi kerja kelompok yang efektif untuk menyelesaikan permasalahan organisasi (plan and execute project as a part of a team and implementing a teamwork strategy that is effective for solving organizational problems)
Daftar Pustaka:
  • 1. Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 14th Edition.Prentice Hall: New Jersey 2. Kotler, Philip & Gary Armstrong.(2010).Principles of Marketing 13th Edition.Prentice Hall: New Jersey
  • 1) Donald R. Lehmann & Russel S. Winer. (2005).Analysis for Marketing Planning.Sixth Edition.Mc.Graw-Hill International Edition 66 2) Alma Buchari.(2007).Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung 3) Fill Chris.(1999).Marketing Communications.Prentice Hall.Europe 4) Kartajaya Hermawan. (2002). Mark Plus On Strategy. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta 5) Laksana Fajar (2008).Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta 6) Syafrudin Chan. (2003). Relationship Marketing. PT.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta 7) Swastha DH Basu. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta 8) Bacal Robert. (2003). Performance Management. Terjemahan. Jakarta: Gramedia
Guests cannot access this course. Please log in.