Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
H23-H23
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang kajian terkait konsep, prinsip, karakteristik, dan kurikulum pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk kelas rendah dan kelas tinggi. Pada mata kuliah ini mahasiswa juga akan merancang, mengorganisaiskan dan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA di sekolah dasar meliputi lesson plan, media, model, pembuatan lembar kegiatan siswa berbasis saintifik dan komponen lainnya serta mensimulasikan dan mengevaluasi praktik pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
H23-H23
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang kajian terkait konsep, prinsip, karakteristik, dan kurikulum pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk kelas rendah dan kelas tinggi. Pada mata kuliah ini mahasiswa juga akan merancang, mengorganisaiskan dan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA di sekolah dasar meliputi lesson plan, media, model, pembuatan lembar kegiatan siswa berbasis saintifik dan komponen lainnya serta mensimulasikan dan mengevaluasi praktik pembelajarannya.
Capaian Pembelajaran
- Mengkaji fakta, konsep, prinsip, karakteristik, dan kurikulum pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk kelas rendah dan kelas tinggi
- Merancang, mengorganisaiskan dan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA di sekolah dasar untuk kelas rendah dan kelas tinggi (lesson plan, media, model, dan komponen lainnya)
- Mensimulasikan dan mengevaluasi praktik pembelajaran IPA di sekolah dasar baik kelas rendah maupun kelas tinggi
- Abruscato, J. 2020. Teaching Children Science: A Discovery Approach, 9th Edition. Boston, MA: Allyn and Bacon
- Branch, R. M. 2014. Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.
- Appleton, K. (Eds.). 2013. Elementary Science Teacher Education: International Perspectives on Contemporary Issues and Practice. Mahwa, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
- Bloom, J. W. 2010. The really useful elementary science book. Routledge.
- Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2021. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.
- Buxton, C. A. & Provenzo, Jr., E. F. 2012. Place-based Science Teaching and Learning: 40 Activities for K-8 Classrooms. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
- Forgatry, R. 2009. How to Integrate Curricula, Third Edition. Thousand Oaks: Corwin.
- Hayes, D. (Eds.). 2007. Joyful Teaching and Learning in the Primary School. Exeter: Learning Matters Ltd.
- Joyce, B. R., Weil, M., & Calhoun, E. 2017. Models of Teaching, 9th Edition. Pearson Education.
- Krajcik, J. S. & Czerniak, C. M. 2014. Teaching Science in Elementary and Middle School: A Project-Based Approach, Fourth Edition. New York: Routledge.
- Martin, D. J. 2012. Elementary Science Methods: A Constructivist Approach, Sixth Edition. Belmont: Wadsworth.
- Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. 2019. Instructional technology and media for learning 12th Edition. Pearson
- Teacher: Lilik Bintartik
- Enrolled students: 39
Guests cannot access this course. Please log in.