Pilihan pendaftaran
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C8-TEP
Deskripsi:
Mengkaji konsep dan jenis-jenis model: Taba, Sailor, Oliva, komponen model, tahap-tahap pengembangan model, perbedaan antar model. Mengkaji karakteristik pembaharuan kurikulum, Strategi pembaharuan kurikulum, tujuan pembaharuan kurikulum, pendekatan pembaharuan kurikulum, pihak-pihak yang terlibat dalam pembaharuan kurikulum berdasarkan Integrasi teknologi dalam multikultur dan Perencanaan program evaluasi.
Capaian Pembelajaran
Mampu menguasai konsep dasar pengembangan kurikulum: pengertian, lingkup, dan prinsip-prinsip di setiap jenjang satuan pendidikan.
Mampu secara kritis menganalisis penerapan kurikulum di Indonesia terhadap kesesuaiannya dengan konsep, teori belajar, prinsip, komponen dan pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum serta membandingkannya dengan kurikulum di beberapa negara
Mampu memahami konsep dasar model pengembangan kurikulum sebagai dasar dalam merancang strategi pembaharuan kurikulum
Mampu secara kreatif merancang pengembangan kurikulum berdasarkan model pengembangan kurikulum yang sesuai untuk diterapkan di Indonesia baik Pendidikan formal, nonformal dan informal
Mampu menguasai konsep dasar tentang pengertian, tujuan, landasan,kriteria evaluasi serta prosedur berdasarkan model evaluasi kurikulum menurut beberapa ahli: model Tyler, taylor dan maguire,system alkin, Countenan Stake, CIPP, ekonomi mikro, Studi kasus, iluminatif dan responsive
Anonim, 2003.Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Citra Umbara. Bandung
Anonim. 2008, Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, Cambridge University
Prees. Cambridge.
Adiwikarto, S. 1988. Sosiologi Pendidikan: Isyu dan Hipotesis Tentang Hubungan
Pendidikan dan Masyarakat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Dimyati, M. 1989. Pengajaran Ilmu-Ilmu Sosial di Sekolah: Bagian Integral Sistem Ilmu
Pengetahuan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Doll, R.C. 1974. Curriculum Improvement: Decision Making and Process.
Allyn & Bacon Inc. Boston.
Faisal, S. 1981. Pendidikan Luar Sekolah. Usaha Nasional. Surabaya
Hasibuan, Y.Y. (Tanpa tahun). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: Studi Analisa Kurikulum SD
1968-1975. Usaha Nasional. Surabaya.
Haviland, W A,1999, Antropologi, Terjemahan Soekadijo R.G. Erlangga, Jakarta.
Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford University Prees.
Oxford.
Horton, P.B. dan Hunt, C.l. 1984. Sosiologi. Terjemahan Ram, A. dan Sobari, T
Erlangga, Jakarta
Joni, T.R. 1983. Cara Belajar Siswa Aktif, Wawasan Kependidikan, dan Pembaharuan Pendidikan.
Institut Keguraun dan Ilmu Pendidikan Malang, Malang.
Kneller, G.F. 1989. Antropologi Pendidikan. Terjemahan Manan, I. Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta
Koentjaraningrat, 2002. Pengantar Antropologi. Rineka Cipta, Jakarta.
Koesoema, D. 2017. Benteng Terakhir Kejujuran. Kompas, 24 Maret
Mbulu, J. dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Elang Mas, Malang.
McNeil J.D. 1990. Curriculum: A Comprehensive Introduction. Scott Foresman and
Company. Illinois
Michaelis J.U; Grossman R.H; dan Scott L.F. 1975. New Designs For Eelementary
Curriculum and Instruction. McGraw-Hill Book Company. New York
Poedjawijatna, 2002. Pembimbing ke Arah Alam Filsafat. Rineka Cipta, Jakarta.
Soetarlinah S. 1983, Modifikasi Perilaku. Liberti, Yogyakarta
Soekarto, S. 2002. Sosiologi: Suata Pengantar. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sukmadinata, N.S. 2009. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya, Bandung
Pinar W. (editor), 1975. Curriculum Theorizing: The Reconceptualists.McCutchan
Publishing Corporation. Berkeley.
Pratt D. 1980. Curriculum: Design and Development. Harcourt Brace Jovanovich, Inc.
New York
Rubin L. 1977. Curriculum Handbook: The Diciplines, Current Movements,
Instructional,and Theory. Allyn and Bacon, Inc. Boston.
Rusman, 2009. Manajemen Kurikulum. Rajawali Pers. Jakarta.
Saylor, J.G. dan Alexander W.M.1956. Curriculum Planning: For Better Teaching and
Learning. Rinehart & Company, Inc. New York
Tim PEKERTI Universitas Sebelas Maret. 2007. Panduan Pengembangan Kurikulum.
Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran Lembaga Pengembangan Pendidikan
Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Toenlioe, A.J.E. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori, Catatan Kritis, dan Panduan. Rafika Aditama.
Bandung
Weimer M. (Editor). 2012. The Learner-Centerd Curriculum: Design and
Implementation. John Wiley & Sons. Inc. San Francisco
- Pengajar: Sulton Dr. H. , M.Pd