Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup konsep, taksonomi, data, teknologi, pemikiran spasial untuk pengembangan ketrampilan spasial baik soft skill maupun hardskill dalam pembelajaran geografi baik dengan menggunakan data dan teknologi geospatial secara online maupun tatap muka untuk memecahkan permasalahan spasial dengan pendekatan dan pemikiran spasial. Matakuliah ini bertujuan untuk membentuk karakter pembelajaran geografi yang dicirikan dengan pendekatan spasial, lingkungan dan kompleks wilayah dalam konteks keruangan secara indoor maupun otudoor.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup konsep, taksonomi, data, teknologi, pemikiran spasial untuk pengembangan ketrampilan spasial baik soft skill maupun hardskill dalam pembelajaran geografi baik dengan menggunakan data dan teknologi geospatial secara online maupun tatap muka untuk memecahkan permasalahan spasial dengan pendekatan dan pemikiran spasial. Matakuliah ini bertujuan untuk membentuk karakter pembelajaran geografi yang dicirikan dengan pendekatan spasial, lingkungan dan kompleks wilayah dalam konteks keruangan secara indoor maupun otudoor.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami hakikat, konsep dasar pembelajaran spasial dan lingkungan dengan benar
- Mahasiswa menguasai keterampilan dasar geografi sebagai dasar dalam berpikir dan bertindak dalam pembelajaran spasial
- Mahasiswa mampu merencanakan perangkat pembelajaran, membuat, dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran spasial dan lingkungan dalam pembelajaran geografi disekolah dengan benar
- Mahasiswa mampu melakukan evaluasi hasil praktek pembelajaran berbasis spasial dan lingkungan di tepat
- Yunus, Hadi Sabari., 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Gersmehl, Phil., 2014. Teaching Geography Third Edition. New York: Guilford Press.
- Clare Brooks, Graham Butt, Mary Fargher. 2017. The Power of Geographical Thinking. Nederland: Springer International Publishing.
- Osvaldo Muñiz Solari · Ali Demirci Joop van der Schee, 2015. Geospatial Technologies and Geography Education in a Changing World. Japan: Springer.
- Huynh, Niem Tu, 2009. "The Role of Geospatial Thinking and Geographic Skills in Effective Problem Solving with GIS: K-16 Education".Theses and Dissertations (Comprehensive). Paper 1078.
- Pengajar: Purwanto S.Pd., M.Si
- Pelajar terdaftar: 30
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.