Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A3A-A3A
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membahas konsep dasar dinamika kelompok, perilaku & interaksi individu & kelompok, komunikasi efektif, kepemimpinan & pembuatan keputusan, manajemen konflik, pembelajaran dinamika kelompok, team building, serta outbound training. .
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A3A-A3A
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan manajemen pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membahas konsep dasar dinamika kelompok, perilaku & interaksi individu & kelompok, komunikasi efektif, kepemimpinan & pembuatan keputusan, manajemen konflik, pembelajaran dinamika kelompok, team building, serta outbound training. .
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep dasar kelompok dan dinamika kelompok.
- Menguasai prinsip, sasaran, dan nilai guna dinamika kelompok.
- Menguasai perbedaan kelompok, kerumunan, massa, dan tim kerja.
- Menguasai proses pembentukan, interaksi, dan kepemimpinan dalam kelompok.
- Menguasai komunikasi dalam kelompok, kepekaan mendengarkan, hubungan interpersonal, dan kepekaan saling merasakan berkelompok.
- Mampu memecahkan masalah dan pembuatan keputusan dalam kelompok.
- Menguasai konsep dan praktik manajemen konflik untuk team building.
- Menguasai konsep dan praktik outbound training dalam pelatihan partisipatif.
- Memperoleh pengalaman dalam melakukan aneka macam peranan dalam kepemimpinan, manajemen, dan komunikasi melalui berbagai macam game dinamika kelompok.
- Brinia, V., Papadopoulou, G. and Psoni, P. (2020), "The creation and the dynamics of informal groups: The case of the teacher association in a secondary vocational school", International Journal of Educational Management, Vol. 34 No. 4, pp. 750-766. https://doi.org/10.1108/IJEM-09-2019-0340
- Brown, Rupert and Pehrson, Sam. (2019). Group Processes: Dynamics within and Between Groups. USA: John Wiley & Sons.
- Huraerah, A., & Purwanto. (2010). Dinamika Kelompok: Konsep & Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
- Johnson, D.W. & Johnson, F.P. (2012). Dinamika Kelompok: Teori dan Keterampilan. Terjemahan oleh Theresia SS. Jakarta: PT Indeks.
- Muhammad, A. (2009). The Power of Outbound Training. Jogjakarta: Power Books
- Santosa, S. (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
- Schruijer, S. (2016), "Working with group dynamics while teaching group dynamics in a traditional classroom setting: An illustration of a systems-psychodynamic point of view", Team Performance Management, Vol. 22 No. 5/6, pp. 257-268. https://doi.org/10.1108/TPM-05-2016-0023
- Schruijer, S.G.L. (2021), "Whatever happened to group dynamics in the scientific study of groups?", Team Performance Management, Vol. 27 No. 3/4, pp. 229-239. https://doi.org/10.1108/TPM-10-2020-0091
- Soetopo, H. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Malang: FIP UM.
- Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi: Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sudjarwo. (2011). Dinamika Kelompok. Bandung: CV Mandar Maju.
- Troyer, L. and DeCostanza, A.H. (2020), "Group Dynamics in Disrupted Environments", Thye, S.R. and Lawler, E.J. (Ed.) Advances in Group Processes (Advances in Group Processes, Vol. 37), Emerald Publishing Limited, Bingley, pp. 25-51. https://doi.org/10.1108/S0882-614520200000037002
- Zulkarnain, W. (2013). Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Teacher: Hasan Argadinata, S.Pd., M.Pd. MCE, CRA, CRMPA
- Teacher: Dra. Djum Djum Noor Benty, M. Pd
- Enrolled students: 33
Guests cannot access this course. Please log in.