Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B24-B24
Deskripsi:
Mempelajari beberapa alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; mengkaji konsep dasar penelitian sebagai cara untuk mencari kebenaran, mendesain rancangan penelitian, menganalisis data; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaa dalam penelitian, menarik kesimpulan, dan mengembangkan rekomendasi serta saran-saran.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B24-B24
Deskripsi:
Mempelajari beberapa alternatif pola penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; mengkaji konsep dasar penelitian sebagai cara untuk mencari kebenaran, mendesain rancangan penelitian, menganalisis data; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaa dalam penelitian, menarik kesimpulan, dan mengembangkan rekomendasi serta saran-saran.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami berbagai pendekatan dan jenis dan rancangan penelitian dalam bidang PAUD
- Mengkaji berbagai literatur yang berbasis riset maupun kajian kopseptual untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan bidang PAUD secara berkelanjutan
- Mahasiswa memiliki keterampilan untuk menyusun state of the art dan landasan teori pada desain riset bidang PAUD yang telah dirancang
- Ahmadi. 2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM Press
- Bogdan, R. & Biklen, SK.. 1998. Qualitatif Research for Education: An Introduction to theory and Methodes. United State of America: Allyn and Bacon
- Creswell, J.W. 2012. Educational Research: Planning Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson
- Faisal, S. 1990. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan Aplikasinya. Malang: YA3
- Faisal, S. 2006. Analisa Data dalam Penelitian Kualitatif. Makalah disampaikan pada pelatihan Penguatan Penelitian bagi Dosen Universitas Widyagama Malang. LPPM UniversitasWidya Gama Malang. 3 Oktober 2006
- Glaser, B., & Strauss, A. 1980. The Discovery of Grounded Theory: Strategies for Qualitative Research. New York: Aldine Publishing Company
- Johnson, B & Christensen, L.. 2004. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Second Edition. United State of America: Pearson Education
- Mantja, W.. 2008. Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Emas
- Marshall, C., & Rossman, G. 1989. Designing Qualitative Research. USA: SAGE Publications
- Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Afabeta
- Suyanto. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana
- Yin, R.K. 2011. Qualitative Research From Start to Finish. New York: The Guilford Press
- Guddemi, Marcy dan Case, Betsy J. 2004. Assessing Young Children. http://www.harcourtassessment.com
- Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak:Jilid I dan II. (alih bahasa: Meitasari Tjandra dan Muslichah Zarkasih). Penerbit Erlangga: Jakarta
- Puckett, Margaret B. dan Black, Janet K. 1994, Authentic Assessment of the Young Child; Celebrating Development and Learning. Macmillan College Publishing Company: New York
- Wortham, Sue. C. 2005. Assessment in Early Childhood Education. Pearson: Ohio-USA
- Essa, Eva L. 2003. Introduction to Early Childhood Education. Canada: Thomson Learning Inc.
- Universotas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
- Referensi lain yang relevan
- Pengajar: Alif Mudiono
- Pelajar terdaftar: 15
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.