خيارات التسجيل

Strategi dan Micro Teaching
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup kurikulum pendidikan seni, meliputi: (a) konsep strategi, belajar, mengajar, dan pembelajaran; (b) hubungan strategi dengan model pembelajaran, pendekatan, metode dan teknik dalam konteks pembelajaran seni dan desain; (c) model-model pembelajaran umum dan model pembelajaran khusus seni desain dan teknik penerapannya; (d) metode pembelajaran untuk bahan ajar pengetahuan dan apresiasi seni dan desain, serta ekspresi/produksi/ketrampilan seni dan de-sain (e) penerapan/penggunaan metode untuk mewujud-kan syntax atau skenario pembelajaran seni dan desain berbahan ajar pengetahuan/apresiasi, ekspresi/ketrampilan dalam berbagai model pembelajaran seni dan desain (f) pengelolaan pembelajaran dan ketrampilan dasar mengajar (mikro); (g) prinsip dasar pembelajaran terbatas, dalam konsep, pengertian, ruang lingkup dan fungsi, (h) jenis-jenis keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran terbatas, (i) teknik prosedur penyusunan RPP, skenario dan skrip dalam pembelajaran terbatas, (j) Praktek pembelajaran terbatas dalam peer teaching, (k) Praktek pembelajaran terbatas dalam pembelajaran terintegrasi.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai berbagai konsep belajar mengajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran, model-model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran seni.
  • Menguasai berbagai strategi pembelajaran seni berdasarkan konsep, karakteristik, prinsip, dan syntax model pembelajaran seni.
  • Menguasai konsep strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan kelas.
  • Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur menyususun skenario pembelajaran bertipe apresiasi seni, ekspresi seni, pengetahuan seni, dan ketrampilan seni.
  • Menguasai konsep, prinsip dan prosedur mengelola pembelajaran dan ketrampilan dasar mengajar (mikro).
  • Menguasai konsep, fungsi, prinsip, komponen keterampilan dasar mengajar, dan lesson study.
  • Menguasai penyusunan RPP, skenario pembelajaran, dan skrip pembelajaran terbatas berbasis pear teaching dan lesson study untuk bahan ajar bertipe pengetahuani seni, ekspresi seni, apresiasi seni dan keterampilan seni.
  • Mengaplikasikan dalam praktik mengajar terbatas berbasis pear teaching dan lesson study.
Daftar Pustaka:
  • Kurikulum Seni Budaya, 2013.
  • Degeng I Nyoman Sudana.1989. Ilmu pengajaran: Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud PPLPTK.
  • DePorter, Bobby.dkk. 2000. Quantum Teaching: mempraktekkan Quantum Teaching di ruang ruang kelas. Terjemahan Ary Nilandari. Bandung : Penerbit Kaifa
  • Iriaji, 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni. Malang: Pustaka Kaiswaran.
  • Joyce. B. Well. M. Calhoun E .2000. Model of Teaching. London: Allyn and Bacon.
  • Karwati, Euis dkk. 2014. Manajemen Kelas: guru yang profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Bandung : Penerbit Alfabeta.
  • Kasihani K.E.S. 2002.Contextual Teaching and Learning: definisi ciri dan prinsip. Malang: UM
  • Kasihani K.E.S. 2007. Model Pembelajaran. Malang: Badan Penyelenggara Sertifikasi Guru.
  • Kurikulum Mata Pelajaran Seni Budaya 2006.
  • Kurikulum Mata Pelajaran Seni Budaya 2013. disertai PP perubahan oktober 2016 dan Januari 2017
  • Lie, A.2002. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
  • Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
  • Syamsuri, Istamar, dkk. 2008. Lesson Study (studi pembelajaran). Malang : UM
  • Soehardjo, A.J. 2005. Pendidikan Seni: dari konsep sampai program. Buku 1. Malang: UM.
  • Soehardjo, A.J. 2011. Pendidikan Seni: Strategi penataan dan pelaksanaan pembelajaran seni. Buku 2. Malang: Bayu Media Publishing.
  • Tarjo, Enday dkk. 2009. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni Rupa. Bandung : CV Bintang Warli Artika
  • Depdiknas, 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pedoman Khusus.
  • Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Seni Budaya. Jakarta: Depdiknas.
  • Gafur, Abdul. 1982. Desain Instruksional: Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar. Kegiatan Belajar Mengajar. Solo: Tiga Serangkai.
  • Kurikulum Seni Budaya, KTSP 2006.
  • Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.
  • Sriwardhani, Tjitjik. 2012. Modul Pembelajaran Terbatas. Malang: jurusan Seni dan Desain. Universitas Negeri Malang
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.