خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Mata kuliah perancangan dan pengembangan pembelajaran kimia merupakan salah satu mata kuliah pada Program Studi Kependidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan merancang dan mengembangkan pembelajaran kimia yang mengacu pada karakteristik peserta didik, pendekatan inkuiri, kontekstual, pembangunan berkelanjutan, berpusat pada siswa, dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kimia SMA. Matakuliah ini mempersiapkan calon guru yang dapat berperan dalam pencapaian SDG 4 “Pendidikan berkualitas”. Isi mata kuliah ini mencakup organisasi dan analisis materi pelajaran kimia SMA; konsepsi, fungsi dan peran desain pembelajaran kimia SMA; TPACK dan UbD; penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran; pengembangan penilaian autentik berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran kimia SMA; penyusunan strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran yang mengacu pada karakteristik peserta didik, pendekatan inkuiri, kontekstual, berpusat pada siswa, dan penggunaan teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kimia SMA; pengembanganperangkat pembelajaran kimia.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Mata kuliah perancangan dan pengembangan pembelajaran kimia merupakan salah satu mata kuliah pada Program Studi Kependidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan merancang dan mengembangkan pembelajaran kimia yang mengacu pada karakteristik peserta didik, pendekatan inkuiri, kontekstual, pembangunan berkelanjutan, berpusat pada siswa, dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kimia SMA. Matakuliah ini mempersiapkan calon guru yang dapat berperan dalam pencapaian SDG 4 “Pendidikan berkualitas”. Isi mata kuliah ini mencakup organisasi dan analisis materi pelajaran kimia SMA; konsepsi, fungsi dan peran desain pembelajaran kimia SMA; TPACK dan UbD; penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran; pengembangan penilaian autentik berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran kimia SMA; penyusunan strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran yang mengacu pada karakteristik peserta didik, pendekatan inkuiri, kontekstual, berpusat pada siswa, dan penggunaan teknologi untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kimia SMA; pengembanganperangkat pembelajaran kimia.
Capaian Pembelajaran
- Mengorganisasi materi pelajaran kimia SMA sebagai bahan perancangan (desain) dan pengembangan pembelajaran kimia.
- Mendeskripsikan acuan dasar dalam pengembangan desain pembelajaran kimia
- Mendeskripsikan fungsi dan peran desain pembelajaran kimia SMA.
- Mendeskripsikan pendekatan desain pembelajaran kimia SMA (Backward design approach)
- Menyusun indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan organisasi dan analisis materi pelajaran kimia SMA.
- Mengembangkan penilaian autentik berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran kimia SMA.
- Menyusun strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran yang mengacu pada pendekatan inkuiri, kontekstual, pembangunan berkelanjutan dan berpusat pada siswa untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kimia SMA.
- Mengembangkan dan mengkomunikasikan perangkat pembelajaran kimia.
- Chang, Raymond and Jason Overby. 2015. General Chemistry The Essential Concepst 10th edition. New York:Mc.Graw-Hill Higher Education
- Forster, Stephan. 2009. Methods of Teaching Chemistry. New Delhi: Global Media
- Pienta,N.J., Cooper, M.M., Greenbowe, T.J. 2009. Chemists’ Guide to effective Teaching Vol II . NJ: Pearson Prentice Hall
- Ray , B. 2007. Modern Method of Teaching Chemistry. New Delhi: APH Publishing Corporation
- Wiggins, Grant and McTighe, Jay. 2005. Understanding by Design. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson, Merrill Prentice Hall
- Severson, A. R. (2019). Evaluating Learning Strategies for Independent Lifelong Learning Approaches. The FASEB Journal, 33(S1), 604-12.
- Danny J. Scholten*, etc (2021). Practical Guidelines to Redesign Introductory Chemistry Courses Using a Flexible and Adaptive Blended Format. Journal of Chemical Education 2021, 98, 12, 3852-3863
- Asem I. Abdulahad, Janet A. Privett, and Michael R. Adams* (2022) Chemistry for Everyone: An Inclusive Approach to Teaching General Chemistry at Xavier University of Louisiana. Journal of Chemical Education 2022, 99, 1, 323-330
- المعلم: Herunata Herunata
- الطلاب المسجلون: 26
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.