Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Menjelaskan batasan/pengertian, makna, dan azas kurikulum menurut beberapa literatur dan Standar Nasional Kurikulum (Kurikulum 2022) Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) kurikulum 2022 (Kimia SMA-MA) Menyusun bahan kajian (kimia) berdasarkan CP menurut Kurikulum 2022 Menganalisis panduan kurikulum 2022 dengan menitikberatkan pada teaching at the right level, curturelly responsive teaching dan pembelajaran berdiferensiasi dengan mewujudkannya pada TP dan ATP Menyusun modul ajar menurut Kurikulum 2022
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Menjelaskan batasan/pengertian, makna, dan azas kurikulum menurut beberapa literatur dan Standar Nasional Kurikulum (Kurikulum 2022) Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) kurikulum 2022 (Kimia SMA-MA) Menyusun bahan kajian (kimia) berdasarkan CP menurut Kurikulum 2022 Menganalisis panduan kurikulum 2022 dengan menitikberatkan pada teaching at the right level, curturelly responsive teaching dan pembelajaran berdiferensiasi dengan mewujudkannya pada TP dan ATP Menyusun modul ajar menurut Kurikulum 2022
Capaian Pembelajaran
- Memahami asas-asas kurikulum.
- Menganalisis Kurikulum Merdeka: standar kompentensi lulusan; standar proses pembelajaran; fase-fase pembelajaran; capaian pembelajaran; dan bahan kajian Kimia
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Nasution, S. Asas-Asas Kurikulum. 2014. JAKARTA : Bumi Aksara.
- Permendikbud No. 12 Tahuin 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah (Kurikulum Merdeka)
- Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog. Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kurikulum 2022. 2022. Kemdikbud: Jakarta.
- Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
- Permendikbudristek No. 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
- Wiggins, G., & McTighe, J. 2005. Understanding by Design (2nd Ed). Alexandria, VA: ASCD
- Hassard, J. 2005. The Art of Teaching Science: Inquiry and Innovation in Middle School and High School. Oxford: Oxford University Press.
- Kelly, A.V. 2009. The Curriculum: Theory and Practice. New York: Sage College Publishing.
- Krajcik, J. (2015). Project-based science. The Science Teacher, 82(1), 25–27. https:// doi.org/10.2505/4/tst15_082_01_25.
- Markula, A., Aksela, M. The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Discip Interdscip Sci Educ Res 4, 2 (2022). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x
- Muntholib, M., Hidayati, K., Purnajanti, L., Utomo, Y., & Hariyanto, H. (2021). Impact of explicit scientific inquiry instruction on students’ scientific argumentation skills in salt hydrolysis. AIP Conference Proceedings, 2330(May). https://doi.org/10.1063/5.0043237
- https://cft.vanderbilt.edu/guides-sub-pages/understanding-by-design/
- Teacher: Herunata Herunata
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.