Pilihan pendaftaran

Pembelajaran Spasial dan Lingkungan* **
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah pembelajaran spasial dan lingkungan merupakan matakuliah yang didesain secara kusus dalam menunjang implementasi pendekatan spasial dalam pembelajaran geografi di sekolah. Matakuliah ini terdiri dari 4 (empat) cpmk yang menekankan penguasaan konsep spasial, keterampilan spasial, membuat perencanaan dan implementasi dalam praktek, dan melakukan evaluasi. Dengan menempuh matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pembelajaran geografi yang lebih inovatif dan transformative. Perkuliahan dilakukan dengan menekankan pendekatan project base methode. Artinya mahasiswa mampu merealisasikan solusi-solusi dari pemelajaran geografi yang tejadi saat ini melalui produk yang dihasilkan. Penilaian dilakukan atas dasar nilai project, UTS, UAS, dan kehadiran.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami hakekat, konsep dasar pembelajaran spasial dan lingkungan
  • Mahasiswa mampu menguasai keterampilan dasar geografi sebagai dasar dalam berpikir dan bertindak dalam prespektif spasial
  • Mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar spasial
  • Mahasiswa mampu merencanakan perangkat pembelajaran, membuat, dan mengimplementasikan perangkat pembelajaran spasial dan lingkungan dalam pembelajaran geografi disekolah dengan benar
  • Mahasiswa mampu melakukan evaluasi hasil praktek pembelajaran spasial dan lingkungan dengan tepat
Daftar Pustaka:
  • Sofias T, Pierrakeas C, 2021. Effectiveness of a WebGIS-based project on high school students’ spatial thinking skills. CEUR Workshop Proceedings (2021) 2817
  • Stock K, Guesgen H. 2016. Geospatial Reasoning With Open Data. Elsevier Inc., (2016), 171-204
  • Murphy A, Hare P. 2017. The Nature of Geography and Its Perspectives in AP® Human Geography. Journal of Geography (2016) 115(3) 95-100
  • Lee. D., 2020. Cultivating preservice geography teachers’ awareness of geography using Story Maps. Journal of Geography in Higher Education (2020) 44(3) 387-405
  • Metoyer S, Bednarz R., 2017. Spatial Thinking Assists Geographic Thinking: Evidence from a Study Exploring the Effects of Geospatial Technology., Journal of Geography (2017) 116(1) 20-33
  • Geospatial TechDeMers, M. N. (2016). Geospatial Technology in Geography Education. In Geography Teacher (Vol. 13, Issue 1, pp. 23–25). Routledge. https://doi.org/10.1080/19338341.2016.1151722nology in Geography Education
  • Osvaldo Muñiz Solari; Solem M., 2017. Learning Progressions in Geography Education. Switzerland, (2017), 174
  • Jo I, Bednarz S., 2014. Developing pre-service teachers' pedagogical content knowledge for teaching spatial thinking through geography. Journal of Geography in Higher Education (2014) 38(2) 301-313
  • Solari O, Demirci A, van der Schee J., 2015. Geospatial technology in geography education. Springer Japan, (2015), 1-7
  • Purwanto. 2022. Dasar-Dasar pembelajaran geografi berbasis spasial. Malang: ediidegrafika
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.