خيارات التسجيل

Literatur und Didaktik Deutsch
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
ABC-ABC
Deskripsi:
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang sastra Jerman dan pengajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing. Mahasiswa akan mempelajari berbagai genre sastra sederhana dalam bahasa Jerman, seperti prosa, puisi, dan drama, termasuk karya estetis seperti musik, film, teater dan media baru lainnya. Selama perkuliahan mahasiswa akan belajar memahami dan menginterpretasi karya-karya sastra. Setelah itu mahasiswa akan belajar merancang aktivitas pembelajaran bahasa Jerman yang menarik dengan melibatkan analisis teks sastra (istilah ‚teks‘ diartikan secara luas mencakup film, musik, dan media baru lainnya), diskusi kelompok, penulisan kreatif, atau pementasan. Dalam perkuliahan ini mahasiswa akan diajak untuk mengembangkan keterampilan analisis sastra dan kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan sastra dalam konteks pengajaran bahasa Jerman sebagai bahasa asing. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan dapat menggabungkan pengetahuan sastra dengan metode pengajaran bahasa Jerman yang efektif, kreatif, dan menarik, serta mampu merancang dan mengajar materi sastra dengan mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa serta memanfaatkan berbagai karya estetis lainnya untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman bahasa Jerman dalam konteks sastra
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan Menginterpretasi Karya Sastra Jerman dalam Konteks Budaya termasuk di dalamnya prosa, puisi, drama, serta karya estetis seperti musik, film, teater, dan media baru lainnya, dengan mempertimbangkan konteks budaya Jerman
  • Mengembangkan keterampilan analisis sastra dan komunikasi efektif dengan perspektif lintas budaya dan menggabungkannya dengan metode pengajaran yang efektif dan kreatif, serta memanfaatkan teknologi informasi
Daftar Pustaka:
  • Baumgarten, Dominik. 2014. Ästhetische Transfers zwischen Literatur und Werbung. Marburg. Tectum Verlag
  • Dieter Lamping (Hg.). 2017. Handbuch Lyrik, Theorie, Analyse, Geschichte. Berlin. Walter de Gruyter
  • Esser, Rolf. 2002. Literatur – Epik. Müllheim an der Ruhr: Verlag an der Ruhr.
  • Esser, Rolf. 2002. Literatur – Lyrik. Müllheim an der Ruhr: Verlag an der Ruhr.
  • Fludernik, M. 2009. An Introduction to Narratology (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203882887
  • Gigl, Claus. 2012. Training intensiv Textanalyse und Interpretation Deutsch. Stuttgart. Klett Ernst Verlag GmbH
  • Grond-Rigler, Christine und Straub, Wolfgang (Hrsg.).2013. Literatur und Digitalisierung. Berlin. Walter de Gruyter GmbH
  • Ikhsani, M, Iqbal & Syafruddin,, Dudy. 2024. Adaptation of Literary Works by German Language Education Students through Instagram Reels for Enhance Literary Understanding. Skripsi Universitas Negeri Malang
  • Kirchner, Petra. 1994. Literatur-Shows. Die Präsentation von Literatur im Fernsehen. Springer Fachmedien Wiesbaden GmbH
  • Marquass, Reinhard. 1997. DUDEN Abiturhilfen – Erzählende Prosatexte analysieren. Bibliographisches Institut & F.A. Brockhaus AG: Mannheim.
  • Nadira, Yusca & Syafruddin, Dudy. 2024. Semiotic Approach to Heinrich Heine’s “Abenddämmerung”. Skripsi Universitas Negeri Malang
  • Paefgen,Elisabeth K. 2006. Einführung in die Literaturdidaktik. Stuttgart. Verlag J.B. Metzler
  • Syafruddin, Dudy, Mardasari, Octi Rjeky, Amirah, Rania F, ALfaraby, Muhammad S. 2023. Werthertracht: Literature, Fashion, and Youth Resistance in the Late 18th Century Germany. Proceedings of the International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2022). Atlantis Press.
  • Esser, Rolf. 2007. Das groBe Arbeitsbuch Literaturunterricht. Epik, Lyrik, Dramatik. Mülheim. Verlag an der Ruhr.
  • Schardt, Friedel.2010. ABITURWISSEN DEUTSCH. Textinterpretationen Lyrik-Drama-Epik. Stark Verlag
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.