Enrolment options

Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kecakapan belajar mandiri sepanjang hayat melalui kegiatan-kegiatan berikut. (1) secara aktif mengkaji dan mendiskusikan berbagai asumsi filosofis (worldviews) yang melandasi penelitian pendidikan pada umumnya dan penelitian pendidikan fisika pada khususnya; mendiskusikan berbagai desain penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran (mixed-methods); mensintesa artikel-artikel penelitian pendidikan fisika dan sains dari aspek metodologi; mendiskusikan teori, konsep, dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif; praktik menganalisis data dan menyajikan hasilnya secara sistematis, terperinci, dan concise; praktik merancang metodologi penelitian dan menyajikan rancangannya secara rinci, sistematis, dan koheren sesuai tujuan atau rumusan penelitian yang dipecahkan.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu merancang metodologi penelitian pendidikan fisika yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang akan dipecahkan dan mampu memaparkan rancangan dan hasil analisis data secara terperinci, koheren, dan concise
  • Mampu merancang metodologi penelitian pendidikan fisika yang paling sesuai dengan pertanyaan penelitian yang akan dipecahkan dan mampu memaparkan rancangan dan hasil analisis data secara terperinci, koheren, dan concise
Daftar Pustaka:
  • Judul Penelitian/PKM yang relevan: Meningkatkan STEM Teacher Identity Calon Guru Fisika melalui Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom: Studi Exploratory Sequential Mixed Method (Penelitian 2022 oleh Endang Purwaningsih, dan Ahmad Suryadi)
  • Judul Artikel sebagai luaran Penelitian/PKM yang relevan: Ahmad Suryadi, Endang Purwaningsih, Lia Yuliati and Supriyono Koes-Handayanto. STEM teacher professional development in pre-service teacher education: A literature review. Waikato Journal of Education. Volume 28, Issue 1, 2023 pp 7-26
  • Suryadi, A., Purwaningsih, E., Yuliati, L., Koes-Handayanto, S. 2024. STEM teacher professional development in pre-service teacher education: A literature review. Waikato Journal of Education, 2023, 28(1), pp. 7–26 (Hasil Penelitian yang berjudul MENINGKATKAN STEM TEACHER IDENTITY CALON GURU FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPPED CLASSROOM: STUDI EXPLORATORY SEQUENTIAL MIXED METHOD, DRPTM 2023)
  • Stockemer, D. (2018). Quantitative methods for the social sciences: A Practical Introduction with examples in SPSS and Stata. Springer.
  • Taber, K.S. (2014). Methodological Issues in Science Education Research: A Perspective from the Philosophy of Science. Dalam Matthews (ed). International Handbook of Research in History, Philosophy and Science Teaching; Chapter 57. Dordrecht: Springer Science+Business Media
  • Ding, L. (2019). Theoretical perspectives of quantitative physics education research. Physical Review Physics Education Research, 15(2), 020101.
  • Creswell, J.W dan Clark, V.L.P. (2018). Designing and Conducting Mixed Method Research, 3rd edition. Sage Publications.
  • Cohen,L., Manion,L. & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. New York: Routledge
  • Flick, U (2014). The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis. Los Angeles: SAGE.
  • Michael, J.A. (2017). Introduction to Quantitative Data Analysis in the Behavioral and Social Sciences. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • Leech, N.L., Barrett. K.C. & Morgan,G.A. (2005). SPSS for Intermediate Statistics-Use and Interpretation, 2nd Edition. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
  • Johnson, R. A., & Bhattacharyya, G. K. (2019). Statistics: principles and methods 6th edition. John Wiley & Sons.
  • Fuadah, F., Yuliati, L., Parno. 2024. Conceptual Changes in Problem-Based Distance Learning with Edmodo on Wave Materials. AIP Conference Proceedings, 2024, 2799(1), 020122. (Hasil penelitian yang berjudul PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MASALAH BERBANTUAN EDMODO PADA MATERI GELOMBANG DI SMAN 2 JEMBER, PNBP UM, 2021)
  • Nurita, T., Yuliati, L., Mahdiannur, M.A., Ilhami, F.B. 2024. The Effectiveness of Case-Based STEM Integrated with Mobile Simulation to Foster Students’ Creative Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile TechnologiesThis link is disabled., 2024, 18(7), pp. 97–106 (Hasil Penelitian yang berjudul Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model CBL STEM Pada Materi Getaran, DRPTM, 2023)
Guests cannot access this course. Please log in.