Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B3-6AB
Deskripsi:
Memahami dan menganalisis, ο Prinsip, filosofi, visi dan misi pendidikan kejuruan ο Kompetensi dan isi bidang kejuruan peluang kerja dan ketenagakerjaan ο Kurikulum berbasis kompetensi CBT dan kurikulum terkini ο Penilaian kompetensi kejuruan dan sertifikasi keahlian ο Manajemen sekolah dan penyelenggaraan persekolahan kejuruan ο Sarana dan prasarana penunjang pendidikan kejuruan ο Pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah kejuruan ο Pembiayaan pendidikan dan efisiensi penyelenggaraan kejuruan ο Peraturan pemerintah dan perundangan bidang kejuruan ο Peran serta masyarakat dalam pendidikan kejuruan ο Standar nasional pendidikan kejuruan dan isu internasional
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B3-6AB
Deskripsi:
Memahami dan menganalisis, ο Prinsip, filosofi, visi dan misi pendidikan kejuruan ο Kompetensi dan isi bidang kejuruan peluang kerja dan ketenagakerjaan ο Kurikulum berbasis kompetensi CBT dan kurikulum terkini ο Penilaian kompetensi kejuruan dan sertifikasi keahlian ο Manajemen sekolah dan penyelenggaraan persekolahan kejuruan ο Sarana dan prasarana penunjang pendidikan kejuruan ο Pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah kejuruan ο Pembiayaan pendidikan dan efisiensi penyelenggaraan kejuruan ο Peraturan pemerintah dan perundangan bidang kejuruan ο Peran serta masyarakat dalam pendidikan kejuruan ο Standar nasional pendidikan kejuruan dan isu internasional
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis konsep dan definisi kurikulum,
- Menganalisis jenis kurikulum,
- Menganalisis landasan pengembangan kurikulum,
- Menganalisis Elemen kurikulum,
- Merumuskan isi dan materi kurikulum,
- Menganalisis konsep pendidikan teknologi dan kejuruan,
- Menganalisis karakteristik pendidikan kejuruan,
- Menganalisis landasan eksistensi pendidikan kejuruan,
- Menganalisis kurikulum pendidikan teknologi dan kejuruan,
- Menganalisis teori dan model pengembangan kurikulum PTK,
- Menganalisis karakteristik kurikulum PTK,
- Membedakan model content based curriculum, competency based curriculum,
- Menganalisis struktur kurikulum SMK,
- Menganalisis KTSP dan Scientific Approach (kurikulum 2013),
- Mengevaluasi kurikulum
- Ansyar, M. 1989. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: DEPDIKBUD, DIKTI, P2LPTK.
- Bean, A.J. Curriculum Planning and Development. London: Allyn Bacon, Incs.
- Calhoun, C.C., Finch, A.A. 1982. Vocational Education: Concepts and Operations. Belmount: Wadsworth Publication Company.
- Depdiknas. 2004. Kurikulum SMK 2004. Jakarta: Direktorat Dikmenjur.
- Finch, R. C., Cruncilton, R. J. 1984. Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Boston: Allyn Bacon, Incs.
- Mclean R., Wilson, D. 2009. International handbook of Education for the Changing World of Work. Bridging Academic and Vocational Learning. Bonn. Germany: UNEVOC Springer
- Nana S.S. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Rosdakarya.
- Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Wardiman, D. 1998. Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.
- Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Lattuca, Lissa R. and Stark, Joan S. SHAPING THE COLLEGE CURRICULUM Academic Plans in Context. San Francisco. Jossey-Bass Publishing.
- PERPRES No 8 Tahun 2012. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta
- Teacher: Fadila Fitria Wulandari
- Enrolled students: 36
Guests cannot access this course. Please log in.