Forum Diskusi Online Topik 5: Pancasila sebagai Ideologi Negara

Forum Diskusi Online Topik 5: Pancasila sebagai Ideologi Negara

Forum Diskusi Online Topik 5: Pancasila sebagai Ideologi Negara

Number of replies: 0

Beberapa bulan yang lalu publik mengalami keriuhan tentang polemik yang di lontarkan oleh Rocky Gerung  (RG) di acara Indonesia Lawyer Club (ILC).   Dia berpandangan bahwa Pancasila itu bukan ideologi negara. Dia katakan negara itu benda mati, yang punya ideologi itu adalah orang/manusia yang hidup.

Di lain pihak, bangsa Indonesia memandang  bahwa ideologi negara dalam arti cita-cita Negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau suatu sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakikatnya merupakan asas kerohanian. Oleh karena kesepakatan para pendiri bangsa yang menjadi dasar negara itu Pancasila, maka Pancasila juga dipandang sebagai asas kerohanian negara atau singkat kata sebagai ideologi negara.

Sekarang kalian coba ikut mengkritisi mengapa RG berpandangan seperti itu? Apakah pandangan tersebut ada sisi positifnya untuk praktik pengamalan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia?

Agar diskusi tidak terkesan debat kusir dan agar dapat berpikir kritis, kita memang harus berpengetahuan luas. Oleh karenanya perlu banyak membaca sumber-sumber sebagai referensi diskusi.  Untuk menanggapi kontroversi RG kalian juga sebaiknya pertama-tama menonton dulu videonya tentang pandangan RG tersebut. Selanjutnya cari referensi lain untuk menilai pandangan tersebut. Setelah memperoleh cukup referensi olahlah menjadi bahan diskusi di forum ini. 

Jadi, untuk dapat berpikir kritis kita memang harus kreatif, mencari berbagai sumber secara cepat dan akurat. Beruntungnya pada zaman sekarang sumber itu berlimpah secara online.  Namun, sekali lagi harus memilih sumber yang valid jangan yang berbau "hoax" apalagi yang sifatnya mengumbar ujaran kebencian. Dalam mendapatkan sumber pun lagi-lagi kalian harus kritis, jangan "Parot Like"...aliyas mem-Beo......

Lets go every body.......