diskusi jenis instrumen penilaian

Diskusi Jenis Instrumen Penilaian

Diskusi Jenis Instrumen Penilaian

by NIDA ABHISTA -
Number of replies: 0

1. Projek berbuat baik dalam waktu seminggu. Dunia bagaikan cermin, magnet. Tes objektif dan tes esai. Tes objektif adalah butir soal yang mengandung kemungkinan jawaban yang harus dipilih oleh peserta tes sehingga jawaban sudah ada dan tersedia peserta tes hanya perlu memilih. Prinsip pada tes objektif ini adalah ketepatan dan kemahiran dalam menyusunan butir soal yang akan sangat menentukan pengukuran hasil belajar. Sedangkan tes esai adalah butir soal yang mengandung pertanyaan atau tugas yang jawaban atau pengerjaan soal tersebut harus dilakukan dengan cara mengekspresikan pikiran peserta tes. Peserta bebas menjawab pertanyaan yang diajukan dan tentu penilaian jawabannya tidak dapat dilakukan secara objektif. Prinsip pada tes esai adalah bagaimana cara menulis atau mengkontruksi pertanyaan agar dapat mencapai tujuan yang akan diukur.

2. Untuk penenilaian kerja atau produk digunakan tugas kontekstual dan rubrik sebagai rangsangan siswa menunjukkan performansinya. Rubrik bisa berupa bentuk cek (ya-tidak). Peserta didik akan mendapat nilai apabila kriteria kemampuan tertentu dapat diamati oleh penilai.

3. Pengunaan penilaian melalui bentuk fotofolio dalam BSI dapat dilakukan dengan cara melihat bagaimana kreativitas seorang siswa dari hasil karyanya. Forotofolio dalam BSI dinilai dengan bantuan rubrik supaya penilaian lebih terfokus. Portofolio dinilai dengan cara menganalisis, membandingkan, dan menyimpulkan bukti proses penulisan dan hasil penulisan. Penilaian bentuk portofolio ini dilakukan dengan cara membandingkan dari dokumen-dokumen siswa yang telah terkumpul. Pada dokumen pertama dan dokumen yang selanjutnya adakah perubahan yang dialami siswa tersebut. Apabila hasil perubahan terlihat bagus maka siswa terbut paham dan telah belajar sesuatu yang baru.