Topic outline
Pertemuan 1: konsep dasar, prinsip, prosedur, dan sasaran asesmen serta keterkaitannya dengan karakteristik sasaran asesmen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Bacalah modul 1 tentang konsep dasar evaluasi PBSI
Sebagai awal pertemuan kita ini marilah kita diskusikan hal-hal berikut dengan membaca modul satu atau sumber terkait.
1) Apa perbedaan tes, penilaian, dan evaluasi!
2) Bagaimana hubungan antara penilaian dan pembejaran.?
3) Jelaskan prinsip penilaian dan contohnya!
Diskusikan dan jawab pada layar sipejar!
Pertemuan 2: ragam asesmen dan ragam instrumen asesmen
buat pemetaan yang memaparkan hal berikut
1) Apa saja Jenis tes dan prinsip pengembangan dan penggunaannya?
2) Bagaimana cara membuat tugas dan rubrik pada unjuk kerja/ produk?
3) Bagaimana penggunaan penilaian berbentuk portofolio dalam PBSI?
Bacalah modul 2 sebagai bahan diskusi di samping bahan yang lain. Anda dapat membandingkan dengan bahan lain yang relevan
Pertemuan 7:perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menulis ; sesuai dengan konstruk hasil belajar menulis dan; prinsip asesmen menulis
Pertemuan ke 8 Anda akan berpasangan dan saling mengomentari karya yang dibuat terkait soal membaca. Tulislah di forum diskusi nama kelompok pasangan Anda!
Pertemuan 10:perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen berbicara sesuai dengan konstruk hasil belajar berbicara dan prinsip asesmen berbicara
Silahkan dicari di SIPEJAR. Bacalah contoh-contoh instrumen asesmen menyimak. Buatlah kelompok 3-4 orang untuk mencari atau mengadaptasi stimulus yang berupa debat dan pidato motivator kemudian buat sal di kategori:
Literal 1 buah
Inferensial 4 buah
Reorganisasi 3 buah
Evaluatif 2 buah
Apresiatif 2 buah
Tugas di SIPEJAR dikumpulkan paling lambat senin malam.
Selamat mengerjakan.
Pertemuan 11: perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen bersastra (apresiasi sastra, menulis kreatif) dan prinsip asesmen bersastra
Diskusikan
1) Bagaimana level pertanyaan pada tes apresiasi sastra? apa bedanya tiap level?
2) Syarat apa yang harus dipenuhi untuk stimulus yang dapat digunakan dalam menyusun tes apresiasi sastra
Pertemuan 13:perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menulis sesuai dengan konstruk aspek kebahasaan dalam menulis (menyunting)
Penilaian kebahasaan tercakup pada penilaian menuls tidak langsung.
Silakan melihat contoh Instrumen penilaian unsur kebahasaan teks sastra pada tautan yang disediakan. Selanjutnya buatlah Instrumen penilaian kebahasaan pada teks sastra dengan ketentuan sebagai berikut
puisi 2
prosa 2
drama 2
Batas waktu pengumpulan Minggu, 13 Desember 2020 pukul 24.00
Pertemuan 14:perencanaan dan pengembangan instrumen asesmen menulis (fokus pada aspek kebahasaan/ penyuntingan
selamat pagi Mahasiswa offering AA. Semangat untuk pekan UAS. Jangan lupa jaga Kesehatan.
Tugas Mata kuliah Evalusi sastra pda pertemuan ini adalah
1. Silakan mencari satu teks artikel yang disertai dengan grafik atau peta dan satu teks cerpen (boleh diadaptasi)
2. membuat soal membaca untuk artikel menggunakan taksonomi Barret (5 level). Masing-masing level 1 soal
3. membuat soal apresiasi sastra juga 5 level. masing-masing level 1 soal
4. membuat 5 soal penilaian kebahasaan
selamat mengerjakan
NB: Upload jawaban sebagai Presensi. terakhir upload hari Sabtu, 19 Desember 2020 pukul 24.00