Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi tentang konsep-konsep, teori-teori, kasus yang berkaitan dengan manajemen Binsis Ritel, antara lain: Pengenalan manajemen bisnis retail, klasifikasi bisnis retail, retail multi channel, strategi dan perencanaan strategis di bidang retail, strategi dan retai mix, diferensiasi retail, manajemen merchandise, komunikasi dalam perilaku konsumen retail , keunggulan bersaing di bidang ritel, strategi keuangan, MSDM di bidang ritel, dll. Dan Implementasi penerapan dalam bentuk telaah kasus, dan hasil penelitian yang berkaitan dengan manajemen bisnis ritel
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang manajemen dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah
  • Menguasai konsep teoritis bidang manajemen secara umum, dan mampu menguasai konsep teori manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan manajemen sumberdaya manusia secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah manajemen secara prosedural.
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi
  • Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi
Daftar Pustaka:
  • 1. Berman, Barry, Joel R. Evans, dan Patrali Chatterjee. 2018. Retail Management: A Strategic Approach, Global Edition. Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited. 2. Berman Barry dan Joel R. Evans. 2012.Retail Management, A Strategic Approach. Edisi 11. New Jersey: Pearson Education Limited. 3. Barry Berman and Joel R. Evans. 2013. Retail Management A. Strategic Approach.. England: Pearson Education. 4. John Fernie & Leigh Sparks. 2010. Logistics & Retail Management. The Institute of Logistics & Transfort. 5. Sopiah and Shihabudin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta. Andi Offset. (B.8) 6. Levy Michael and Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management. New York: The. Mc. Graw Hiil. 7. Utami, Christina Whidya. Manajemen Ritel. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat. 2017. 8. Levy Michael and Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management. New York: The. Mc. Graw Hiil. (B.4)