Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan ekonomi dan bisnis dalam era digital, bagaimana menjawab permasalahan yang kompleks mulai dari perubahan lingkungan ekonomi yang begitu cepat, perkembangan teknologi, perkembangan model bisnis baru, sampai pengembangan produk digital. Dalam mata kuliah ini diperlukan beberapa pemahaman mengenai ilmu ekonomi dan bisnis. Mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dan praktik tentang kemampuan menangkap peluang dari perubahan lingkungan yang cepat dan mampu menuangkannya dalam sebuah model bisnis berbasis digital. Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah perpaduan konsep ceramah, presentasi, studi kasus, dan self-learning / learn by project. Melalui kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep ekonomi dan bisnis digital secara menyeluruh sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan merancang sebuah produk digital.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Siswa akan dapat menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan konsep bisnis digital; mencapai keunggulan kompetitif melalui teknologi; tren dan teknologi kontemporer dalam bisnis digital.
  • 2. Siswa akan dapat menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang kriteria untuk rencana transformasi bisnis yang berhasil; perbedaan tentang organisasi sosial dan bisnis di era digital.
  • 3. Siswa akan dapat menganalisis lingkungan bisnis dan perubahan; mengambil peluang dan membangun produk digital dan model bisnisnya.
  • 4. Siswa akan dapat membuat rencana bisnis untuk produk digital mereka (desain produk, operasional, pemasaran, SDM, dan keuangan)
  • 5. Siswa akan dapat mempresentasikan produk mereka da.lam pitching (presentasi cepat) dan menunjukkan produk mereka
Daftar Pustaka:
  • 1) E-conomy SEA 2019 2) Malecki, E.J. & Moriset, B. (2008). Digital Economy: Business Organization, Production, Processes, and regional development. London: Routledge. 3) Skala, S. (2019). Digital Startups in Transition Economies: Challenges for Management, Entrepreneurship and Education. Cham: Palgrave Pivot. 4) Lowrey, Y. (2018). The Alibaba Way: Rahasia Sukses Alibaba Menuju E-commerce No.1 Dunia. Jakarta: BIP 5) Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation, and Practise Sixth Eddition. London: Pearson . 6) Wirtz, B.W. (2019). Digital Business Models: Concepts, Models, and The Aphabet Case Study.Switzerland: Springer. 7) Chishti, S. & Barberis, J. 2016. The FINTECH Book: The Financial Technology Handbook for Investors, Entrepreneurs and Visionaries. Cornwall: Wiley. 8) Lynn,T., Mooney, J.G., Rosati,J., & Cummins, M. (2019). Disrupting Finance: FinTech and Strategy in the 21st Century. Cham: Palgrave Pivot 9) Baierl, R, Behrens, R, & Brem, A. (2019). Digital Entrepreneurship: Interfaces Between Digital Technologies And Entrepreneurship.Cham: Springer . 10) Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2019).Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.