Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
BK-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas landasan teoretik analisis dan pengubahan tingkah laku; Prinsip-prinsip terbentuknya tingkah laku; Prosedur menganalisis tingkah laku; Strategi-strategi mengajarkan tingkah laku baru; Strategi-strategi mengembangkan tingkah laku positif; Strategi-strategi mengurangi tingkah laku negatif; Strategi-strategi mengelola tingkah laku; Prosedur mengevaluasi program analisis dan pengubahan tingkah laku
Capaian Pembelajaran
  • Terampil mengelola tingkah laku
  • Mampu menelaah latar belakang teori analisis dan pengubahan tingkah laku
  • Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip terbentuknya tingkah laku
  • Mampu menjelaskan prosedur analisis tingkah laku
  • Terampil menganalisis tingkah laku
  • Mampu mendeskripsikan strategi-strategi pengubahan tingkah laku
  • Terampil mengubah tingkah laku
  • Mampu menelaah strategi mengelola tingkah laku
  • Mampu menjelaskan prosedur mengevaluasi program pengubahan tingkah laku
  • Terampil mengimplementasikan prosedur mengevaluasi program pengubahan tingkah laku
Daftar Pustaka:
  • Alberto, P. & Troutman, A.C. 2009. Applied behavior analysis for teachers. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education
  • Mallot, R.W. 2009. Principles of behavior. Edisi 6. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education
  • Martin, G. & Pear, J. 2009. Behavior modification: What it is and how to do it. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education
  • Sarafino, E.P. 2012. Applied behavior analysis. Principles and procedures for modifying behavior. New Jersey: Wiley