Enrolment options

Teori dan Praktik Konseling Kognitif
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
D23-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk (1) mengkaji paradigma konseling kognitif; (2) mengkaji konsep-konsep dasar, kondisi pengubahan, mekanisme pengubahan, dan hasil-hasil penelitian terkait konseling kognitif perilaku model Judith Beck; (3) merancang bentuk layanan konseling kognitif perilaku model Judith Beck; (4) menerapkan dan mempraktikkan konseling kognitif perilaku model Judith Beck dalam setting individu dan kelompok untuk mencapai perubahan yang bermakna; (5) mengkaji konsep - konsep dasar, kondisi pengubahan, mekanisme pengubahan, dan hasil-hasil penelitian terkait konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis; (6) merancang bentuk layanan konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis; (7) menerapkan dan mempraktikkan konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis dalam setting individu dan kelompok untuk mencapai perubahan yang bermakna;
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis hakikat paradigma konseling kognitif,
  • Menganalisis konsep dasar, kondisi pengubahan, mekanisme pengubahan dan strategi kelompok konseling kognitif perilaku model Judith Beck,
  • Menganalisis dan mengkaji hasil-hasil penelitian terkait konseling kognitif perilaku model Judith Beck
  • Merancang pelayanan konseling kognitif perilaku model Judith Beck dalam setting individual dan kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna.
  • Menerapkan prosedur dan teknik konseling kognitif perilaku model Judith Beck dalam setting individu dan kelompok
  • Melakukan evaluasi dan merefleksikan pelayanan konseling kogntiif perilaku model Judith Beck
  • Menganalisis konsep dasar, kondisi pengubahan, mekanisme pengubahan dan strategi kelompok konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis,
  • Menganalisis dan mengkaji hasil-hasil penelitian terkait konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis
  • Merancang pelayanan konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis dalam setting individual dan kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna.
  • Menerapkan prosedur dan teknik konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis dalam setting individu dan kelompok
  • Melakukan evaluasi dan merefleksikan pelayanan konseling rasional-emotif perilaku model Albert Ellis
Daftar Pustaka:
  • Beck, J. (2011). Cognitive Behavior Therapy: Basics and Beyond. The Guilford Press.
  • Beck, J. (2021). Cognitive behavior therapy: Basics and beyond (Third edition). The Guilford Press.
  • Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.
  • Corey, G. (2022). Theory and Practice of Group Counseling (10th ed.). Cengage Learning.
  • DiGiuseppe, R. A., Doyle, K. A., Dryden, W., & Backx, W. (2014). A practitioner’s guide to rational emotive behavior therapy. In A practitioner’s guide to rational emotive behavior therapy. Oxford University Press.
  • Ellis, A., & Bernard, M. E. (2006). Rational emotive behavioral approaches to childhood disorders: Theory, practice and research. In Rational Emotive Behavioral Approaches to Childhood Disorders: Theory, Practice and
  • Research. https://doi.org/10.1007/b137389
  • Ellis, A., & Dryden, W. (1997). The practice of rational emotive behavior therapy. In New York (Vol. 43).
  • Hidayah, N. (2012). Supervisi Klinis Berbasis Experiential Learning pada Praktik Konseling. Psikovidya, 16(2), 15–22.
  • Hidayah, N. (2013). Online Cognitive Behavioral Counseling Model to Improve Junior High School Students’ Self-regulated Learning. The International Conference on New Careers in New Era, 52–61.
  • Hidayah, N. (2015). Cognitive-Behavioral Cyber counseling to Improve Junior High School Student’s Self-Regulated Learning. International Journal Academic Research, 7(4), 241–243.
  • Hidayah, N., Ramli, M., & Hanafi, H. (2018). Cognitive-Behavioral Counseling Model Based on Local Wisdom at East Java. Proceedings of the 2nd International Conference on Learning Innovation (ICLI 2018), 109–113.
  • https://doi.org/10.5220/0008408501090113
  • Hidayah, N., Ramli, M., Fauzan, L., Rahman, D. H., & Hanafi, H. (2022). Mind skills training effect on prospective counsellor’ performance. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1178–1191.
  • https://doi.org/10.18844/CJES.V17I4.7130
  • Meichenbaum, D. (1977). Cognitive-Behavior Modification: An Integrative Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4757-9739-8
  • Nelson-Jones, R. (2014). Practical counselling and helping skills: Text and activities for the lifeskills counselling model. SAGE. https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/practical-counselling-and-helping-skills/book240594
  • Ramli, M., Hanafi, H., Hidayah, N., Atmoko, A., & Fitriyah, F. K. (2023). Identification of counselor mind process on online counseling. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(1), 319–326.
  • https://doi.org/10.11591/IJERE.V12I1.22987
  • Sharf, R. (2012). Theories of Psychotherapy and Counseling: Consept and Cases. Brooks/Cole.
Guests cannot access this course. Please log in.