Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B21-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini diracang untuk berlatih menerapkan prosedur dan teknik-teknik konseling psikoanalisis individual untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna; menerapkan prosedur dan teknik-teknik konseling psikoanalisis kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna; menerapkan prosedur dan teknik-teknik konseling adlerian individual untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna; dan menerapkan prosedur dan teknik-teknik konseling adlerian kelompok untuk membantu individu mencapai perubahan bermakna.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menyelenggarakan layanan responsive dengan menggunakan konseling psikodinamik secara kelompok dan individual dengan mengunakan teknik yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan.
  • Mampu menyelenggarakan konseling individu dan kelompok dengan menggunakan pendekatan dan teknik konseling psikodinamik berdasarkan masalah yang dihadapi oleh sasaran layanan yang disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi lingkungan sosial budaya.
Daftar Pustaka:
  • McKenzie-Smith, S. 2011. Psychoanalytic Psychotherapy with Depressed Older Adults (A Qualitative Research Study). UK: University of East London.
  • Ursano, R.J., Sonnenberg, S.M., dan Susan G.L. 2004. Concise Guide to Psychodynamic Psychotherapy: Principles and Techniques of Brief, Intermittent, and Long-Term Psychodynamic Psychotherapy, 3th Ed. London, Englang: American Psychiatric Publishing, Inc.
  • Ivey, A.E., Ivey, M.B., dan Carlos P.Z. 2010. Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society, 7th, Ed. USA: Brooks/Cole.
  • Corey, G. 2012. Theory & Practice of Group Counseling, 8th, Ed. USA: Brooks/Cole.
  • Corey, G. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, 9th,Ed. USA: Brooks/Cole.
  • Charman, D.P. 2004. Core Processes in Bried Psychodynamic: Advancing Effective Practice. Marwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
  • Hays, D.G. 2013. Assessmen in Counseling: A Guide to The Use of Psychological Assessment Procedures. Alexandria 5th,Ed. VA: American Counseling Association.