Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A20-AUD
Deskripsi:
Konsep evaluasi, asesmen; prinsip-prinsip penyelenggaraan evaluasi; tehnik pengembangan instrumen asesmen otentik; tehnik pengolahan dan pelaporan hasil evaluasi.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep, prosedur, dan prinsip dalam evaluasi (P-1)PAUD6025.2 Mampu menerapkan konsep, prosedur, dan prinsip dari evaluasi hasil dan proses pembelajaran dalam merencanakan, melaksanakan, pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan permasalahan di kelas, sekolah, dan masyarakat.
  • Mampu menerapkan prosedur, prinsip, dan tehnik pengembangan instrument asesmen capaian belajar anak usia dini di PAUD
  • Mampu menerapkan asas evaluasi pembelajaran yang mendidik untuk mengembangkan potensi dasar AUD dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip pedagogi yang tepat sebagai implementasi tecnological pedagogical content knowledge (TPCK
  • Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran di PAUD yang mengembangkan kemampuan berbagai jenis kecerdasan anak
  • Memahami implikasi pandangan kecerdasan jamak terhadap praktik evaluasi
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian melalui pembelajaran Belajar dan Pembelajaran
  • UAS
  • Orientasi
  • Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi pembelajaran di PAUD yang mengembangkan kemampuan berbagai jenis kecerdasan anak
  • UTS
Daftar Pustaka:
  • 1. Bagnato. 2009. Authentics Assesment for Early Childhood Intervention. NEW
  • 2. Gullo, Dominic F. 2005. Understanding Assement and Evaluation In Early Childhood Education. New York: Teachers Collage Press
  • 3. Budi ,B.W. dan Tumardi, 2003. Evaluasi Pembelajaran. Malang: Elang Mas.