Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A7E-A7E
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai aliran filsafat pendidikan, prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan masa depan, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan reflektif tentang pendidikan, serta nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam Pendidikan, dengan Memahami dan menganalisis berbagai aliran filsafat pendidikan, seperti idealisme, realisme, pragmatisme, dan eksistensialisme, menerapkan prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan masa depan, seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan keberagaman budaya.menganalisis isu-isu pendidikan secara kritis dan objektif, serta mengevaluasi berbagai argumen dan perspektif tentang pendidikan dengan cara yang reflektif. memahami dan menerapkan nilai-nilai etika dalam praktik pendidikan, mengidentifikasi dan menyelesaikan dilema etika yang muncul dalam praktik pendidikan, komitmen terhadap profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pendidik
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A7E-A7E
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai aliran filsafat pendidikan, prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan masa depan, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan reflektif tentang pendidikan, serta nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam Pendidikan, dengan Memahami dan menganalisis berbagai aliran filsafat pendidikan, seperti idealisme, realisme, pragmatisme, dan eksistensialisme, menerapkan prinsip-prinsip filsafat pendidikan dalam konteks pendidikan masa depan, seperti globalisasi, perubahan teknologi, dan keberagaman budaya.menganalisis isu-isu pendidikan secara kritis dan objektif, serta mengevaluasi berbagai argumen dan perspektif tentang pendidikan dengan cara yang reflektif. memahami dan menerapkan nilai-nilai etika dalam praktik pendidikan, mengidentifikasi dan menyelesaikan dilema etika yang muncul dalam praktik pendidikan, komitmen terhadap profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pendidik
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep dan teori pendidikadari berbagai perspektif filosofis
- Mahasiswa mampu menganalisis implikasi konsep dan teori filsafat pendidikan terhadap praktik pendidikan yang inklusif dan berkeadilan
- Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil analisis filosofis terhadap isu dan tren pendidikan secara efektif
- Meningkatkan kesadaran tentang nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam Pendidikan
- Barnadib, I. 1992. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: IKIP Jogjakarta
- Lima, J.S. 2023. Scientism, Anti-Science, and Scientific Activities as an Expression of Religious Beliefs. Jurnal Filsafat Vol 33 Nomor 2. Jogjakarta, UGM. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/75124
- Adiputra, A; Tjahyadi, S., Padmawati, RS., 2023. Non-ideal Critical Realism Analysis on the Ethical Positions of Secular Doctors Towards Human Genome Editing. Jurnal Filsafat. Volume 33 Nomor 2. Yogyakarta UGM
- Murtiningsih, , RR,. Nugroho, HW,.Samawi.2020. Considering the Effective Online Learning Design: Distance Learning and Digital Divide in the Pandemic Era. Proceeding ECPE. Universitas Negeri Malang. 2020
- Noorsyam, M. 1988. Filsafat Pendidikan dan Dasar-Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional
- -------, 2000. Penjabaran Filsafat Pancasila dalam Filsafat Hukum Sebagai Landasan Pembinaan Sistem Hukum Nasional. (Disertasi, edisi II). Malang: Laboratorium Pancasila UM
- ------, 2006. Filsafat Ilmu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
- Samawi, A. 1999. Dialektika Paradigmatik Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan. Malang: FIP UM
- ------, 2001. Pandangan Hedonisme tentang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan. Malang: FIP UM
- Samawi, A. 2018. Filsafat Pendidikan di Era Digital. Malang: UM Press
- Samawi1, A., Siti Murtiningsih, S, RR . Aisyah, EN,. Sopingi, 2020. Life-Based Postmodern Deconstruction Learning Model to Improve Student Creative Thinking. Proceeding ECPE. Universitas Negeri Malang. 2020
- Wijarnarko, A. F., Maharani SD,. 2024. Human’s Relationship with Technology in Nick Land’s Accelerationism. Jurnal Filsafat. Volume 34 Nomor 1, p. 1-22. Jogjakarta, UGM. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/issue/view/5362/showToc
- Teacher: ahmad samawi
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.