Enrolment options

Pendidikan Inklusi AUD
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A7C-A7C
Deskripsi:
Hakikat pendidikan anak ABK; jenis dan karakteristik anak ABK; dasar penyelenggaraan pendidikan ABK; Jenis dan ragam layanan pendidikan dan latihan bagi ABK; hakikat dan dasar pendidikan Inklusi; ragam dan perbedaan perbedaan pendidikan segregasi, terpadu dan inklusi; persyaratan sekolah/TK penyelenggara pendidikan inklusi; mengkaji kurikulum pendidikan AUD di sekolah/TK inklusi, dan mengkaji sistem penilaian Pendidikan anak AUD di sekolah/TK inklusi.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai hakikat pendidikan anak ABK.
  • Mahasiswa menguasai jenis dan karakteristik anak ABK.
  • Mahasiswa menguasai dasar penyelenggaraan pendidikan ABK,
  • Mahasiswa menguasai jenis dan ragam layanan pendidikan dan latihan bagi ABK.
  • Mahasiswa menguasai hakikat dan dasar pendidikan Inklusi,
  • Mahasiswa menguasai perbedaan pendidikan segregasi, terpadu dan inklusi,
  • Mahasiswa menguasai tentang persyaratan sekolah/TK penyelenggara pendidikan inklusi,
  • Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum pendidikan AUD di sekolah/TK inklusi, dan mengkaji sistem penilaian pendidikan anak usia dini di sekolah/TK inklusi.
Daftar Pustaka:
  • Elkins, J. 2007. Educating Children with Special Needs. New York. Prentice Hal. Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. 2014. Early Childhood Education. An Introduction, 3rd. Edition. New York: MacMillan College Publishing Company.
  • Seefeldt C dan Nita B. 2014. Early Childhood Education. New York: Macmillan.
  • Depdiknas 2004.Pedoman Penyelenggaraan pendidikan Inklusi di sekolah,. Jakarta, Subdit Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.
  • Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. 2010. Petunjuk Teknis penyelenggaraan TK Inklusi. Surabaya. Subdit PK&LK Dindik Provinsi.
  • Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Roudhatul Athfal. Jakarta: Puskur, Balibang Depdiknas.------------, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
  • Moeslicatoen R. Tanpa Tahun. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: P2TA, Ditjen Dikti, Depdikbud.
Guests cannot access this course. Please log in.