Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Penyusunan proposal, aplikasi metode sejarah (heuristik, kritik dan intepretasi), dan penulisan sejarah (historiografi).


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menentukan topik/peristiwa yang akan ditulis berdasarkan kaidah penelitian sejarah.

  • Mampu mengidentifikasi secara teliti, kritis, dan kreatif sumber sejarah yang diperlukan untuk penulisan sejarah.

  • Mampu menginplementasikan secara mandiri langkah-langkah verifiikasi (kritik) terhadap sumber sejarah yang diperoleh.

  • Mampu mengaplikasikan ilmu bantu dalam mengembangkan interpretasi terhadap fakta sejarah telah diperoleh.

  • Mampu menyusun historiografi sebagai bagian akhir dari kegiatan praktek penulisan sejarah

Daftar Pustaka:
  • 1.     Adam, AW. 2007. SeabadKontroversiSejarah. Yogyakarta: Ombak.

    2.     Alfian, T.I, dkk. 1992. Dari babaddanHikayatsampaiSejarahKritis.Cet II. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

    3.     Burke, Peter. 2003. SejarahdanTeoriSosial.TerjemahanMestika Zed &Zulfani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

    4.     Coulun, A. Tt. Etnometodologi.Mataram: Langge& KKSK.

    5.     Carr, E.H. 2014. ApaItuSejarah?. Depok: KomunitasBambu.

    6.     Cullen, Jim. 2013. Essaying the Past: How to Read, Write, and Think about History. Pondicherry: Wiley-Blackwell.

    7.     Kartodirjo, S. 2014. PendekatanIlmuSosialdalamMetodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

    8.     Kuntowijoyo.2008. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation). Yogyakarta: Tiara Wacana.

    9.     Kuntowijoyo. 2013. PengantarIlmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

    10. Nordholt, H.S. (eds.). 2008. PerspektifBaruPenulisan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: YOI & KITLV Jakarta.

    11. Rowse, A.L. 2014. ApaGunaSejarah?. Depok: KomunitasBambu.

    12. Tosh, J. 2002. The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. London: Longman.