Enrolment options
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Penyusunan proposal, aplikasi metode sejarah (heuristik, kritik dan intepretasi), dan penulisan sejarah (historiografi).
Capaian Pembelajaran
Mampu menentukan topik/peristiwa yang akan ditulis berdasarkan kaidah penelitian sejarah.
Mampu mengidentifikasi secara teliti, kritis, dan kreatif sumber sejarah yang diperlukan untuk penulisan sejarah.
Mampu menginplementasikan secara mandiri langkah-langkah verifiikasi (kritik) terhadap sumber sejarah yang diperoleh.
Mampu mengaplikasikan ilmu bantu dalam mengembangkan interpretasi terhadap fakta sejarah telah diperoleh.
Mampu menyusun historiografi sebagai bagian akhir dari kegiatan praktek penulisan sejarah
1. Adam, AW. 2007. SeabadKontroversiSejarah. Yogyakarta: Ombak.
2. Alfian, T.I, dkk. 1992. Dari babaddanHikayatsampaiSejarahKritis.Cet II. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
3. Burke, Peter. 2003. SejarahdanTeoriSosial.TerjemahanMestika Zed &Zulfani. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
4. Coulun, A. Tt. Etnometodologi.Mataram: Langge& KKSK.
5. Carr, E.H. 2014. ApaItuSejarah?. Depok: KomunitasBambu.
6. Cullen, Jim. 2013. Essaying the Past: How to Read, Write, and Think about History. Pondicherry: Wiley-Blackwell.
7. Kartodirjo, S. 2014. PendekatanIlmuSosialdalamMetodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
8. Kuntowijoyo.2008. Penjelasan Sejarah (Historical Explanation). Yogyakarta: Tiara Wacana.
9. Kuntowijoyo. 2013. PengantarIlmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
10. Nordholt, H.S. (eds.). 2008. PerspektifBaruPenulisan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: YOI & KITLV Jakarta.
11. Rowse, A.L. 2014. ApaGunaSejarah?. Depok: KomunitasBambu.
12. Tosh, J. 2002. The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. London: Longman.
- Teacher: Arif Subekti
- Enrolled students: 31