Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
H-SD3
Deskripsi:
Karakter PKn sebagai Pendidikan Nilai, Norma, dan Moral; Pendekatan tematik teradu dan saintifik dalam pembelajaran di SD; kurikulum yang berlaku di SD; karakteristik siswa SD ; pembelajaran Abad 21; Model pendidikan Moral untuk Pembelajaran di ; Perencanaan Pembelajaran; Peer-Teaching Pembelajaran di SD
Capaian Pembelajaran
  • Menyimpulkan prosedur merancang, mengorganisasi, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan pembelajaran pada pembelajaran PKn di berbasis pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK
  • Mendesain secara kreatif rencana pembelajaran PKn berbasis pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK
  • Memerankan peer-teaching pembelajaran PKN berbasis pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK secara kreatif dan komunikatif
  • Menganalisis secara kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif muatan nilai, norma, moral dalam kurikulum yang berlaku di SD
Daftar Pustaka:
  • Syarbani, Syahiral, Alirias Wahid, dkk. 2006. Membangun Karakter & Kepribadian melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Graha Ilmu
  • Forgatry, Robin, J. & Pete, B. M. 2009. How to Integrate the Curricula. Corwin Press
  • Forgatry, Robin, J. & Stoehr, J. 2008. Integrating Curricula with Multiple Inteligences. Corwin Press
  • Kurikulum Sekolah Dasar
  • Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
  • Balu H. Athreya & Chrystalla Mouza. Thinking Skills for the Digital Generation. USA: Philadelphia
  • Hersh, Miller, Fielding. 1980. Models of Moral Education: An Appraisal. New York: Longman, Inc.