Enrolment options

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
J23-J23
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang kajian teori, prinsip, dan kurikulum pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar; strategi, pendekatan, model, metode, dan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan berbahasa (membaca, menulis, menyimak, dan berbicara) di sekolah dasar; sumber, media, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang disertai pengembangan produknya. Mata kuliah ini juga berisi tentang perencanaan, simulasi, dan evaluasi perangkat serta praktik pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Capaian Pembelajaran
  • Melakukan kajian teori, prinsip, dan kurikulum untuk pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar di kelas rendah maupun kelas tinggi
  • Menelaah strategi, pendekatan, model, metode, dan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia meliputi empat keterampilan berbahasa (membaca, menulis, menyimak, dan berbicara) di sekolah dasar
  • Menelaah dan mengembangkan sumber, media, bahan ajar, dan penilaian pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar
  • Melakukan perencanaan, simulasi, dan evaluasi perangkat serta praktik pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar
Daftar Pustaka:
  • Kurikulum Sekolah Dasar.
  • Dornyei, Z. (2020). Innovations and challenges in language learning motivation. Routledge.
  • Iskandarwassid & Sunendar, D. 2015. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Mackey, A. (2020). Interaction, Feedback and Task Research in Second Language Learning: Methods and Design. India: Cambridge University Press.
  • Mercer, S., & Dörnyei, Z. (2020). Engaging language learners in contemporary classrooms. Cambridge University Press.
  • Mudiono, Alif. 2010. Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: FIP UM
  • Priyatni, Endah Tri. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Rohmadi, M. 2011. Bunga Rampai: Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Surakarta: Yuma Pustaka. 
  • Technology-Enhanced Language Teaching and Learning: Lessons from the Covid-19 Pandemic. (2023). United Kingdom: Bloomsbury Publishing.
  • Thomkins, G. E. 2012. Third Edition Literacy in The Early grades. United States of America: Pearson Education.
  • Thomkins, G., Campbell, R., Green, D., Smith, C. 2014. Literacy for the 21st Century. Australia: Pearson
  • Wahyuni, S. & Ibrahim, A. S. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.
  • Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Guests cannot access this course. Please log in.