Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
H20-SD3
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas teori, pendekatan, sejarah, makna, implikasi, dasar, tujuan, fungsi pendidikan multikultural; peran penting sekolah dasar sebagai lembaga pengembangan kebudayaan; membahas problematika pelaksanaan. Pendidikan Multikultural di Indonesia sekaligus memberikan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut; permainan tradisional dan produk tradisional untuk pembelajaran di SD, menyusun Rencana Persiapan Pembelajaran Berbasis Budaya serta mempraktekkan pembelajaran berbasis budaya.
Capaian Pembelajaran
  • Mengkaji subtansi keilmuan dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sebagai dasar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar sesuai dengan perkembangan pendidikan berorientasi pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK
  • Menguasai substansi keilmuan Pendidikan Multikultural berorientasi pada pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan adaptif terhadap IPTEK
Daftar Pustaka:
  • Banks, J. A. & Banks, C. A. M. 2012. Multicultural Education: Issues and Perspectives. New Jersey: John Wiley & Sons.
  • Race, R. 2015. Multiculturalism and Education, 2nd edition. London: Bloomsbury
  • Banks, J. A. 2018. An Introduction to Multicultural Education. London: Pearson Education
  • Ghosh, R. & Galcznski, M. 2014. Redifining Multicultural Education: Inclusion and the Right to Be Different, Third Edition.Ontario: Canadian Scholars’ Press Inc
  • Sutarno.2012. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Dikti.