Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1) Pengukuran, penilaian, dan evaluasi, 2) ciri-ciri penilaian, 3) tujuan dan fungsi penilaian, 4) model dan pendekatan evalusi, 5) jenis-jenis instrument penilaian tes, 6) jenis instrument penilaian non-tes, 7) Authentik assessment, 8) instrument penilaian ranah pengetahuan, 9) instrument penilaian ranah keterampilan, 10) instrument penilaian ranah sikap, 11) validitas isi dan konstruk 12) validitas , reliabiltas, daya beda, dan tingkat kesukaran, 13) Teknik penskoran, 14) PAP, 15) PAN, 16) Pengolahan dan pelaporan hasil evaluasi, 17) Evaluasi dan refleksi pelaksanaan evalusi
Capaian Pembelajaran
  • 9.1. Menganalisis karateristik penilaian yang sesuai dengan karakteristik pembalajaran IPA
  • 9.2. Menganalisis teknik-teknik penilaian dan prinsip pengembangan instrument penilaian dalam pembelajaran IPA
  • 9.3. Menganalisis pelaporan hasil evaluasi pembelajaran IPA
Daftar Pustaka:
  • Krathwohl, D. R., 2002. A Revision of Bloom's Taxonomy: An
  • Miller, M. D., Linn, R. L. & Gronlund, N. E. 2012. Measurement and Assessment in Teaching. New York: Pearson.
  • Popham, W. J. 2013. Classroom Assessment: What Teachers Need to Know ,7th Ed.New York: Pearson.
  • Rahayu, S. 2014. How to Evaluate Affective dimension in Chemistry Education. In Kahveci, M. & Orgill, M. (Eds). Affective dimensions in chemistry education. Heidelberg: Springer.
  • Safari. 2004. Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non-Tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Jakarta: Depdiknas.
  • Surapranata, S. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosda Karya.