Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
KH-MBKM
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis proposal penelitian pendidikan bahasa yang telah disusun untuk memperoleh masukan kritis akademis dari teman sebaya dan dosen pengampu matakuliah melalui forum seminar. Dalam seminar tersebut mahasiswa menelaah kelemahan proposal penelitian pendidikan bahasa yang disusun pada aspek: judul, latar belakang masalah, tujuan/fokus/ masalah penelitian, kajian pustaka, metode penelitian, dan rancangan instrumen penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • Menelaah kelemahan judul, latar belakang masalah, tujuan/fokus/masalah penelitian pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • Menelaah kelemahan kajian teori pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • Menelaah kelemahan metode penelitian pada proposal yang diseminarkan dan memberikan saran perbaikannya
  • Menelaah ketepatan instrumen penelitian
Daftar Pustaka:
  • 1. Djaali & Pudji Mujono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.
  • 2. Iqbal Hasan. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
  • 3. Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 4. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  • 5. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.
  • 6. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  • 7. Suharsimi Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.