Enrolment options
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Peran golongan intelektual sebagai motor penggerak perubahan di awal abad ke-20; tumbuh dan berkembangnya organisasi-organisasi modern pada masa pergerakan Indonesia; pendudukan Jepang (1942-1945); proklamasi kemerdekaan Indonesia 17-8-1945; perjuangan diplomasi dan konfrontasi sampai tahun 1949.
Capaian Pembelajaran
Mampu mendeskripsikan respon bangsa Indonesia terhadap kedatangan dan dominasi yang dilakukan oleh Bangsa Eropa
Mampu mengidentifikasi dampak dari pengaruh bangsa Eropa terhadap system politik ekonomi Masyarakat Indonesia Toleransi
Mampu menganalisis pergerakan kebangsaan sejak masa pendudukan Jepang hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia secara kritis.
Mampu menganalisis perjuangan baik secara diplomasi maupaun konfrontasi sejak tahun 1945-1949.
Mampu menulis karya ilmiah tentang sejarah pergerakan kebangsaan Indonesia dan memresentasikannya secara kreatif.
Frederick,W.H. 1988. Pandangan dan Gejolak, Masyarakat Kota dan lahirnya Revolusi Indonesia (Surabaya 1926-1946).
_____. dkk.1982. Pemahaman Sejarah Indonesia. Sebelum dan Sesudah Revolusi. Jakarta: LP3ES.
Cribb, R. 1986. Gejolak Api Revolusi di Jakarta 1945-1949. Pergolokan antara Otonomi dan Hegomoni.Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Dekker,N. 1975. Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Lembaga Penerbitan Almamater YPTP IKIP Malang.
Diah, B.M. 1983. Angkatan Baru’45.Jakarta: PT. Masa Merdeka.
_____. 1995. Persetujuan Linggajati Prolog dan Epilog. Yogyakarta:Yayasan Pustaka Nusatama.
Anderson, B. 1972. Revolusi Pemoeda: Pendudukan Jepang dan Perlawanan di Jawa 1944-1946. Jakarta: Sinar Harapan.
Nagazumi,A. 1972. Bangkitnya Nasionalisme Indonesia Budi Utomo 1908-1918. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Poesponegoro,M.D.,dkk. 1984. Sejarah Nasional Indonesia Jilid. V dan VI. Jakarta: Balai Pustaka.
- Teacher: Arif Subekti
- Enrolled students: 34