Pokok Topik Kursus
Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan Kewarganegaraan sebagai kelompok Mata Kuliah Wajib Umum berfungsi sebagai orientasi mahasiswa dalam memantapkan wawasan dan semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokrasi, kesadaran hukum, penghargaan atas keragaman dan partisipasinya dalam membangun bangsa berdasar Pancasila. Hal tersebut sejalan dengan fungsi Pendidikan Kewarganegaraan yang menyelenggarakan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikultural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga negara yang sadar hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil dan berkarakter sehingga dapat diandalkan untuk membangun bangsa. Proses pembelajaran menggunakan Flipped Clasroom Model, yang terdiri atas tiga kegiatan pokok, yakni (1) Pembelajaran sebelum kelas (Before Clasroom), (2) Pembelajaran di Kelas (During Classroom), dan Pembelajaran Setelah Kelas (After Classroom).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, serta berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Pengetahuan
Mampu menganalisis masalah kontekstual PKn yang berkaitan dengan identitas nasional, integritas nasional, konstitusi negara, hak asasi manusia, rule of law, demokrasi Indonesia, wawasan nusantara, ketahanan nasional dan bela negara.
- Keterampilan Umum
Mampu mengambil keputusan secara cepat dalam konteks pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan identitas nasional, integritas nasional, konstitusi negara, hak asasi manusia, rule of law, demokrasi Indonesia, wawasan nusantara, ketahanan nasional dan bela negara.
- Keterampilan Khusus
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai kesundaan Silih Asih, Silih Asah, dan Silih Asuh dalam konteks pemecahan masalah yang berkaitan dengan identitas nasional, integritas nasional, konstitusi negara, hak asasi manusia, rule of law , demokrasi Indonesia, wawasan nusantara, ketahanan nasional dan bela negara.
Dosen Pengampu
Materi Perkuliahan
Materi Perkuliahan secara berurutan per pertemuan adalah sebagai berikut:
Refferensi
- Ballard, C. (2002). Human Rights and the Mining Sector in Indonesia: A Baseline Study, Report Study, International Institute for Environment and Development (IIED). The project was made possible by the support of the World Business Council for Sustainable Development (WBCSD).
- Charlotte Ku, (1991). The Archipelagic States Concept and Regional Stability in Southeast Asia, 23 Case W. Res. J. Int'l L. 463 (1991). Available at: https://scholarship.law.tamu.edu/facscholar/537
- Drafer, J.A. (1977). The Indonesian Archipelagic State Doctrine and Law of the Sea: "Territorial Grab " or Justifiable Necessity? International Lawyer Vol. 11, No. 1.
- Feith, H. (2007). The Decline of Constitutional Democracy in Indonesia, Jakarta-Kualalumpur: Equinox Publishing,.
- Hoadley, M. (2004). The Role of Law in Contemporary Indonesia. (Working papers in contemporary Asian studies; No. 4). Centre for East and South-East Asian Studies, Lund University.
- Hosen, N. (2005). Religion and Indonesian constitution: A recent debate, Papers, Faculty of Law, Humanities and Arts University of Wollongong.
- Huddy, L. (2001) From Social to Political Identity: A Critical Examination of Social Identity Theory, Political Psychology, Vol. 22, No. 1, 2001
- Indrayana, D. (2005). Indonesian Constitutional Reform 1999-2002: An Evaluation Of Constitution-Making In Transition, PhD Theses, Melbourne University Australia.
- Jompa, J. dkk (2015). Identitas, Keragaman, dan Budaya, dalam Sains 45: Agenda Ilmu Pengetahuan Indonesia Menjelang Satu Abad Kemertdekaan, Jakarta: AIPI.
- Nurdin, E.S. (2017). Civic Education policies: Their effect on university students’ spirit of nationalism and patriotism, Citizenship, Social and Economics Education 2017, Vol. 16(1) 69–82
- Nurwardani, P, Saksama, H.Y., Winataputra, U.S., Budimansyah, D. Sapriya, Winarno, Mulyono, E., Prawatyani, S.J., Anwar,A.A., Evawany, Priyautama, F., Festanto, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Ditjen Belmawa Kemristekdikti.
- Tjalla, A. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai Moral Pancasila, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Balitbang Kemdikbud.
- Winataputra, U.S. & Budimansyah, D. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Ingternasional, Bandung: Widya Aksara Press.
Rencana Pembelajaran Semester
Berikut terlampir Rencana Pembelajaran Semester untuk matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan, silakan unduh dan pelajari!Untuk mengawali perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan, silahkan simak video singkat berikut tentang Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.
Para mahasiswa yang budiman, simaklah tayangan video berikut yang akan memberikan penjelasan tentang urgensi Mata Kuliah Umum. Selamat menyaksikan!
- Sikap
Pertemuan 1: Pengantar Memahami PKn di Perguruan Tinggi
Para mahasiswa yang budiman, selamat atas keberhasilan kalian masuk kuliah di perguruan tinggi (PT). Mengawali perkuliahan pada semester awal kalian akan menempuh perkuliahan umum, yang lazim dikenal sebagai Mata Kuliah Umum (MKU).
Dari sejumlah MKU yang merupakan mata kuliah wajib ada empat, sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 35 ayat 2, bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah : a. Agama; b. Pancasila; c. Kewarganegaraan; dan d. Bahasa Indonesia. Keempat mata kuliah tersebut dikenal dengan sebutan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU). Jadi mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata kuliah umum yang wajib diikuti oleh kalian sebagai mahasiswa Indonesia.
Pada pertemuan pertama, kalian akan diajak untuk memahami (1) Dasar pemikiran dan urgensi PKn, Dasar historis, yuridis, dan sosiologis PKn, dan (3) Dinamika dan tantangan PKn. Mulailah berselancar mempelajari topik-topik tersebut dari sumber yang sudah disediakan maupun sumber-sumber lain yang dapat diperoleh secara online maupun cetak.
Para mahasiswa yang budiman, pada pertemuan pertama kali ini kalian akan mempelajari bagaimana hakikat Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kemampuan utuh sarjana atau profesional. Makna pernyataan tersebut adalah bahwa sebagai calon sarjana atau profesional Indonesia kalian sudah semestinya harus dididik dan dipersiapkan untuk menjadi warganegara yang cerdas dan baik (smart and good citizen). Salah satu tujuan belajar Pendidikan Kewarganegaraan adalah menyiapkan anak muda menjadi warganegara yang cerdas dan baik, yakni sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir, mengerti, dan memahami kewajiban dan hak-haknya sebagai warganegara Indonesia.
Bahan belajar yang disiapkan pada pertemuan ini adalah Bab 1 dari Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan yang disiapkan Kemristekdikti. Materi perkuliahan akan difokuskan pada bahasan dasar pemikiran dan urgensi PKn di perguruan tinggi, memahami dasar historis, yuridis, dan sosiologis PKn serta dinamika dan tantangan PKn.Pelajarilah dengan sebaik-baiknya materi pada tautan berikut (BAB 1: Pengantar Memahami PKn). Lakukan pengayaan dengan sumber-sumber lain, baik dari sumber tercetak maupun daring. Selamat berselancar menyerap pengetahuan pada Samudera Ilmu yang membentang amat luas!
Para mahasiswa yang budiman, pada tayangan video yang pertama kalian sudah menyimak urgensi Mata Kuliah Umum. Pada tayangan kali ini, kalian akan diajak untuk menyaksikan urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang merupakan salah satu dari Mata Kuliah Umum. Selamat menonton!
Setelah mempelajari paparan materi dan menyimak video diatas tentang materi urgensi memahami pendidikan kewarganegaraan, semoga kalian semua lebih memahami materi perkuliahan ini.
Selanjutnya silakan kerjakan tugas-tugas berikut:
Pertemuan 2: Identitas Nasional: Konsep dan Urgensi Identitas Nasional
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Apabila Anda pergi ke luar negeri, apa yang membedakan Anda dengan orang luar? Apa ciri atau penanda Anda yang bisa dikenali bahwa Anda adalah orang Indonesia? Ciri atau penanda yang dapat membedakan Anda itu dapat disebut sebagai identitas.
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, sudah disiapkan materi tentang Identitas Nasional. Pada pembahasan materi tersebut lebih difokuskan pada bahasan konsep dan urgensi Identitas Nasional. Selamat mempelajari!
Para mahasiswa yang budiman, Pada tayangan kali ini, kalian akan diajak untuk menyaksikan video pembelajaran Identitas Nasional. Simak dan pahami point-point penting dalam video tersebut. Selamat menonton!
Setelah mempelajari paparan materi dan menyimak video diatas tentang materi Identitas Nasional, selanjutnya untuk mengukur keterserapan materi yang disampaikan, Silahkan kerjakan tugas berikut:
Pertemuan 3:Identitas Nasional: Unsur-Unsur, Dinamika dan Tantangan Identitas Nasional
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Materi tentang identitas nasional yang akan kita bahas ini ada pada Bab 2 sebagai materi kelanjutan minggu lalu. Pada kesempatan ini pembahasan mengenai identitas nasional lebih di fokuskan mengenai materi unsur-unsur, dinamika dan tantangan identitas nasional.
Setelah Anda menelusuri konsep identitas nasional menurut sumber historis, sosiologis, dan politis, apakah tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini?. Jawabannya ada dalam materi-materi berikut.Selamat Mempelajari!
Materi tentang identitas nasional yang akan kita bahas ini ada pada Bab 2 sebagai materi kelanjutan minggu lalu. Pada kesempatan ini pembahasan mengenai identitas nasional lebih di fokuskan mengenai materi unsur-unsur, dinamika dan tantangan identitas nasional. Selamat mempelajari.
QUIS
Selamat !!! Anda sudah mengikuti perkuliahan dengan baik, selanjutnya untuk mengukur ketercapaian dan pemahaman materi yang sudah dipelajari, silahkan Anda kerjakan Quiz Identitas Nasional dengan baik.
Pertemuan 4: Integrasi Nasional: Konsep dan Urgensi Integrasi Nasional
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini yaitu tentang Integritas Nasional. Pada materi ini, pembahasan materi lebih memfokuskan mengenai Konsep dan Urgensi Integrasi Nasional. Pokok bahasan ini harus dipahami oleh mahasiswa sebelum menginjak pada pembahasan berikutnya. Pada pertemuan ini, Anda akan diajak mempelajari lebih lanjut perihal bagaimana konsep dan pentingnya integrasi nasional bagi sebuah negara-bangsa (nation-state). Sejalan dengan kaidah pembelajaran ilmiah yang aktif, Anda diminta untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan mendeskripsikan kembali esensi dan urgensi integrasi nasional baik secara tulisan maupun lisan.Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan: mampu berdisiplin untuk mewujudkan integrasi nasional dan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI; mampu mengevaluasi urgensi integrasi nasional sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI; dan mampu menyajikan hasil studi kasus terkait esensi dan urgensi integrasi nasional sebagai salah satu parameter persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI. Selamat belajar!
Point-point penting dari materi Integrasi Nasional, dapat disimak melalui slide presentasi berikut:
Adapun tautan untuk mengunduh slide presentasi ini tersedia dibawah.Setelah mempelajari paparan materi dan menyimak video diatas tentang materi Integrasi Nasional, semoga kalian semua lebih memahami materi perkuliahan ini.
Selanjutnya silakan kerjakan tugas-tugas berikut:
Pertemuan 5: Integrasi Nasional: Dinamika dan Tantangan Integrasi Nasional
Mahasiswa yang budiman, melanjutkan materi tentang Integrasi Nasional pada topik ke 5 ini kita akan membahahas Dinamika dan Tantangan Integrasi Nasional. Pada pembahasan materi ini, kalian akan digali kemampuan analisis kritis mengenai bagaimana dinamika dan tantangan integrasi nasional di Indonesia. Selamat belajar.
Point-point penting dari materi Dinamika dan Tantangan Integrasi Nasional, dapat disimak melalui slide presentasi berikut:
Adapun tautan untuk mengunduh slide presentasi lainnya tersedia di bawah ini.QUIS
Selamat !!! Anda sudah mengikuti perkuliahan dengan baik, selanjutnya untuk mengukur ketercapaian dan pemahaman materi yang sudah dipelajari, silahkan Anda kerjakan Quiz Integrasi Nasional dengan baik.
Pertemuan 6: Konstitusi Negara: Konsep dan Urgensi Konstitusi Negara Indonesia
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !!!
Pada pertemuan kali ini, Anda akan mempelajari esensi, urgensi, dan nilai norma konstitusional UUD NRI 1945 dan konstitusionalitas peraturan perundangan di bawah UUD. Sejalan dengan kaidah pembelajaran ilmiah, Anda akan diajak untuk menelusuri konsep dan urgensi konstitusi; menanya alasan mengapa diperlukan konstitusi; menggali sumber historis, sosiologis, politik tentang konstitusi; membangun argumen tentang dinamika dan tantangan konstitusi; dan mendeskripsikan esensi dan urgensi konstitusi. Pada bagian akhir disajikan praktik Kewarganegaraan pada materi tersebut.
Setelah mempelajari materi-materi ini, Anda diharapkan: memiliki komitmen secara personal dan sosialterhadap pengejawantahan nilai dan norma yang terkandung dalam konstitusi di Indonesia; mampu menganalisis nilai dan norma yang terkandung dalam konstitusi di Indonesia dan konstitusionalitas ketentuan di bawah UUD dalam konteks kehidupan bernegarakebangsaan Indonesia; dan mampu mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi antar nilai dan norma yang terkandung dalam konstitusi di Indonesia dan konstitusionalitas ketentuan di bawah UUD dalam konteks kehidupan bernegarakebangsaan Indonesia. Selamat belajar.
Mahasiswa yang budiman, Pada kesempatan pembelajaran kali ini kalian akan diberi penjelasan tentang Konsep dan Urgensi Konstitusi Negara Indonesia. Materi tersebut termuat dalam slide presentasi berikut. Silahkan kalian pahami materi tersebut dan perkaya dengan materi dari rujukan buku atau sumber yang lainnya. Selamat Belajar.
Adapun tautan untuk mengunduh slide presentasi ini tersedia dibawah.Setelah mempelajari paparan materi di atas tentang materi Konsep dan Urgensi Konstitusi Negara Indonesia, selanjutnya untuk mengukur keterserapan materi yang disampaikan, silahkan kerjakan tugas berikut:
Pertemuan 7: Konstitusi Negara Indonesia: Dinamika dan Tantangan Konstitusi Negara Indonesia
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Dalam hidup bernegara, Anda dapat menemukan beberapa aturan yang mengatur bagaimana pemerintahan dijalankan. Misalnya, siapa yang menjalankan kekuasaan pemerintahan dan bagaimana kekuasaan tersebut diperoleh. Anda juga dapat menemukan adanya beberapa aturan yang sama sekali tidak berhubungan dengan cara-cara pemerintahan dijalankan. Misalnya, bagaimana aturan mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya dan bagaimana cara mencari keadilan jika hak dilanggar orang lain.Pada saat Anda menemukan aturan atau hukum yang berisi ketentuan yang mengatur bagaimana pemerintah dijalankan, artinya Anda telah menemukan bagian atau isi dari konstitusi. Untuk memahami lebih lanjut, Silakan simak materi-materi berikut:
Mahasiswa yang budiman, setelah minggu lalu kita sudah belajar tentang topik Konstitusi Negara Indonesia mengenai Konsep dan Urgensi Konstitusi Negara Indonesia sekarang materi akan dilanjutkan mengenai Dinamika dan Tantangan Konstitusi Negara RI. Pelajariah materi yang tersedaia dan pahami dengan baik. selamat belajar.
Adapun tautan untuk mengunduh slide presentasi lainnya tersedia dibawah ini.Setelah mempelajari materi yang disampaikan di atas, Silahkan kerjakan kuis berikut. Ada 10 soal yang harus dikerjakan selama 30 menit dari rentang jam 20.00-22.00. Anda hanya diberi satu kali kesempatan. Silahkan persiapkan dengan sebaik-baiknya.
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Setelah mengikuti dan mempelajari matakuliah ini selama separuh semester, ikutilah Lomba Vlog yang diadakan oleh Tim SPADA UPI untuk memenuhi Ujian Tengah Semester. Silakan dipelajari ketentuan lomba vlog dalam lampiran berikut,Selamat Mengerjakan!!!
Pertemuan 9: Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law: Konsep dan Sejarah HAM & Rule of Law
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !!!
Dalam kesempatan kali ini, Anda akan diajak mempelajari perihal harmoni antara hak dan kewajiban warga negara di Indonesia yang berdasar pada ide kedaulatan rakyat yang bersumber pada sila IV Pancasila. Sejalan dengan kaidah pembelajaran ilmiah dan aktif, Anda diminta untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan memdeskripsikan kembali konsep kewajiban dan hak warga negara serta bentuk hubungan keduanya baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.
Setelah mempelajarai materi ini, Anda diharapkan berdisiplin diri melaksanakan kewajiban dan hak warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat; mampu menerapkan harmoni kewajiban dan hak negara dan warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat; dan melaksanakan proyek belajar kewarganegaraan yang terfokus pada hakikat dan urgensi kewajiban dan hak negara dan warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat.
Untuk memahami lebih lanjut tentang HAM dan Rule of law, silakan pelajar materi-materi berikut:
Point-point penting dari materi Hak Asasi Manusia dan Rule of Law, dapat disimak melalui slide presentasi berikut
Setelah membaca dan memahami materi-materi di atas, silahkan simak video berikut ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan kalian.
Mahasiswa yang budiman, setelah kalian mempelajari materi tentang Hak Asai Manusia dan Rule of Law, silahkan sekarang kalian kerjakan tugas berikut.
Selamat Mengerjakan!
PERTEMUAN 10: Hak Asasi Manusia dan Rule Of Law: hak dan kewajiban warga negara, dinamika ham dan pembelajaran anti korupsi
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Pada kesempatan kali ini, Anda akan diajak mempelajari perihal harmoni antara hak dan kewajiban warga negara di Indonesia yang berdasar pada ide kedaulatan rakyat yang bersumber pada sila IV Pancasila. Sejalan dengan kaidah pembelajaran ilmiah dan aktif, Anda diminta untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan memdeskripsikan kembali konsep kewajiban dan hak warga negara serta bentuk hubungan keduanya baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.
Setelah mempelajari materi-materi ini, diharapkan Anda berdisiplin diri melaksanakan kewajiban dan hak warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat; mampu menerapkan harmoni kewajiban dan hak negara dan warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat; dan melaksanakan proyek belajar kewarganegaraan yang terfokus pada hakikat dan urgensi kewajiban dan hak negara dan warga negara dalam tatanan kehidupan demokrasi Indonesia yang bersumbu pada kedaulatan rakyat dan musyawarah untuk mufakat.
Simak dan pelajari materi-materit pada tautan-tautan berikut:
Point-point penting dari materi Hak Asasi Manusia dan Rule of Law, dapat disimak melalui slide presentasi berikut:
- Setelah membaca dan memahami materi dan power point di atas, silahkan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman terhadap materi simaklah video berikut ini.
Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan diskusi terkait materi Literasi Humanitas. Apa dan Bagaimana Literasi Humanitas? Kemukakan pendapat, gagasan kalian terkait dengan Literasi Humanitas tersebut. karena pendapat, ide, gagasan kalian merupakan salahsatu kriteria penilaian dalam pembelajaran daring ini.
QUIS
Selamat !!! Anda sudah mengikuti perkuliahan dengan baik, selanjutnya untuk mengukur ketercapaian dan pemahaman materi yang sudah dipelajari, silahkan Anda kerjakan Quis dengan baik.
Pertemuan 11: Demokrasi di Indonesia: konsep dan urgensi serta dinamika pelaksanaan demokrasi di indonesia
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Dalam pertemuan ini, Kalian akan mempelajari hakikat, instrumentasi, dan praksis demokrasi Indonesia berlandaskan Pancasila dan UUD NRI 1945. Sejalan dengan kaidah pembelajaran ilmiah yang aktif, Anda diminta untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan memdeskripsikan kembali esensi dan urgensi demokrasi Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945 baik secara lisan dan tulisan.
Setelah mempelajari topik ini, Kalian diharapkan; teguh pendirian mengenai hakikat, instrumentasi, dan praksis demokrasi Indonesia yang bersumber dari Pancasila dan UUD NRI 1945; mampu menganalisis hakikat, instrumentasi, dan praksis demokrasi Indonesia yang bersumber dari Pancasila dan UUD NRI 1945 sebagai wahana penyelenggaran negara yang sejahtera dan berkeadilan dan mampu mengkreasi peta konseptual dan/atau operasional tentang problematika interaksi antar hakikat, instrumentasi, dan praksis demokrasi Indonesia yang bersumber dari Pancasila dan UUD NRI 1945 sebagai wahana kolektif penyelenggaraan negara yang sejahtera dan berkeadilan.
Selanjutnya silakan pelajari materi-materi berikut:
Sebelum menyaksikan video pembelajaran berikut tentang konsolidasi demokrasi Indonesia, siapkan alat tulis dan catatlah point-point penting dalam video pembelajaran berikut. Selamat Menyaksikan!!!
Mahasiswa yang budiman, setelah kalian mempelajari materi tentang Demokrasi di Indonesia, silahkan sekarang kalian kerjakan tugas & soal kuis yang tersedia.
Selamat Mengerjakan!
Pertemuan 12: Wawasan Nusantara: dasar dan urgensi wawasan nusantara
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Pada kesempatan kali ini, kalian akan mengkaji Wawasan Nusantara sebagai salah satu konsepsi dan sekaligus wawasan nasional bangsa Indonesia. Sesuai dengan kaidah pembelajaran ilmiah, Anda akan diajak untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan memdeskripsikan kembali konsep Wawasan Nusantara baik secara tulisan maupun lisan.
Setelah mempelajari topik ini, diharapkan kalian mampu terbuka dan tanggap terhadap dinamika historis, dan urgensi masa depan Wawasan Nusantara sebagai konsepsi dan pandangan kolektif keberbangsaan dan kebernegaraan Indonesia dalam konteks pergaulan dunia. Anda juga mampu mengevaluasi dinamika historis, dan urgensi Wawasan Nusantara sebagai konsepsi dan pandangan kolektif kebangsaan Indonesia dalam konteks pergaulan dunia; dan mampu menyajikan hasil kajian perseorangan mengenai suatu kasus terkait dinamika historis, dan urgensi Wawasan Nusantara sebagai konsepsi dan pandangan kolektif keberbangsaan dan kebernegaraan Indonesia dalam konteks pergaulan dunia.
Selanjutnya silakan pelajari materi-materi berikut:
Konsepsi Politik Indonesia yang kemudian dirumuskan menjadi doktrin dasar yang disebut dengan Wawasan Nusantara. Apa itu wawasan Nusantara,? silakan simak video berikut:
Mahasiswa yang budiman, setelah kalian mempelajari tentang Wawasan Nusantara silahkan sekarang kalian kerjakan tugas yang tersedia.
Selamat Mengerjakan!
pertemuan 13: Wawasan Nusantara: implementasi wawasan nusantara
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Pada kesempatan kali ini, kalian akan mengkaji Wawasan Nusantara sebagai salah satu konsepsi dan sekaligus wawasan nasional bangsa Indonesia. Sesuai dengan kaidah pembelajaran ilmiah, Anda akan diajak untuk menelusuri, menanya, menggali, membangun argumentasi dan memdeskripsikan kembali konsep Wawasan Nusantara baik secara tulisan maupun lisan.
Wawasan Nusantara merupakan wawasan nasional (national outlook) bangsa Indonesia yang selanjutnya dapat disingkat Wasantara. Wawasan nasional merupakan cara pandang bangsa terhadap diri dan lingkungan tempat hidup bangsa yang bersangkutan. Cara bangsa memandang diri dan lingkungannya tersebut sangat mempengaruhi keberlangsungan dan keberhasilan bangsa itu menuju tujuannya.
Simak materi lebih lanjut pada tautan-tautan berikut:
Tantangan Wawasan Nusantara terbesar adalah terletak pada aspek kesadaran warganegara, karena menyangkut sikap mental masyarakat Indonesia sendiri. Sikap mental tersebut berkaitan dengan dua hal. Apakah sikap mental tersebut mari kita diskusikan melalui forum diskusi berikut. Kemukakan pendapat, gagasan kalian terkait dengan wawasan nusantara tersebut. karena pendapat, ide, gagasan kalian merupakan salahsatu kriteria penilaian dalam pembelajaran daring ini.
Mahasiswa yang budiman, setelah mempelajari implementasi wawasan nusantara untuk mengukur pemahaman kalian tentang wawasan nusantara, silahkan kerjakan kuis berikut.
pertemuan 14: Ketahanan Nasional dan Bela Negara: konsep, urgensi dan sejarah Ketahanan Nasional dan Bela Negara:
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Bagaimana konsep dan urgensi Ketahanan Nasional dan apa itu Bela Negara?. semuanya akan dibahas dan didiskusikan pada kesempatan kali ini.
Ketahanan nasional (national resilience) merupakan salah satu konsepsi kenegaraan Indonesia. Ketahanan sebuah bangsa pada dasarnya dibutuhkan guna menjamin serta memperkuat kemampuan bangsa yang bersangkutan baik dalam rangka mempertahankan kesatuannya, menghadapi ancaman yang datang maupun mengupayakan sumber daya guna memenuhi kebutuhan hidup.
Materi lebih lengkap silakan unduh dan pelajari tautan berikut:
- Bagaimana Ketahanan Negara dan Bangsa diwujudkan ? Simak Video berikut untuk jawabannya
Mahasiswa yang budiman, setelah kalian mempelajari tentang ketahanan nasional dan bela negara silahkan sekarang kalian kerjakan tugas yang tersedia.
Selamat Mengerjakan!
Pertemuan 15: Ketahanan Nasional dan Bela Negara: Model asta gatra dan dinamika ketahanan nasional dan bela negara
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Ketahanan Nasional dan Bela Negara. Bagaimana Model Asta Gatra dan Dinamika Ketahanan Nasional Bela Negara?. semuanya akan dibahas dan didiskusikan pada kesempatan kali ini.
Ketahanan nasional (national resilience) merupakan salah satu konsepsi kenegaraan Indonesia. Ketahanan sebuah bangsa pada dasarnya dibutuhkan guna menjamin serta memperkuat kemampuan bangsa yang bersangkutan baik dalam rangka mempertahankan kesatuannya, menghadapi ancaman yang datang maupun mengupayakan sumber daya guna memenuhi kebutuhan hidup.
Materi lebih lengkap silakan unduh dan pelajari tautan berikut:
Mahasiswa yang budiman, setelah kalian mempelajari tentang ketahanan nasional dan bela negara silahkan sekarang kalian kerjakan tugas & soal kuis yang tersedia.
Selamat Mengerjakan!
Pertemuan 16: Ujian Akhir Semester
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Setelah mengikuti dan mempelajari matakuliah ini selama satu semester, untuk mengukur ketercapaian pembelajaran pada matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan mengukur kemampuan berfikir kritis dan analitis, silakan anda mengikuti Ujian Akhir Semester berupa :1. Computer Based Test (CBT) berbentuk soal Pilihan Ganda
2. Unggah video Share Values
Untuk CBT silakan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh UPI dan untuk Shares Values menggunakan pedoman pada lampiran UAS berikut ini !