BAB 1: Pengantar Memahami PKn

Click PKN-1 Urgensi PKN.pdf link to view the file.

Para mahasiswa yang budiman, pada pertemuan pertama kali ini kalian akan mempelajari bagaimana hakikat Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengembangkan kemampuan utuh sarjana atau profesional. Makna pernyataan tersebut adalah bahwa sebagai calon sarjana atau profesional Indonesia kalian sudah semestinya harus didik dan dipersiapkan untuk menjadi warganegara yang cerdas dan baik (smart and good citizen). Salah satu  tujuan belajar Pendidikan Kewarganegaraan adalah menyiapkan anak muda menjadi warganegara yang cerdas dan baik, yakni sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir, mengerti, dan memahami kewajiban dan hak-haknya sebagai warganegara Indonesia.

Bahan belajar yang disiapkan pada pertemuan ini adalah Bab 1 dari Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan yang disiapkan Kemristekdikti. Pelajarilah dengan sebaik-baiknya. Lakukan pengayaan dengan sumber-sumber lain, baik dari sumber tercetak maupun daring. Selamat berselancar menyerap pengetahuan pada Samudera Ilmu yang membentang amat luas!

Pada bab 1 ini, materi perkuliahan akan difokuskan pada bahasan dasar pemikiran dan urgensi PKn di perguruan tinggi, memahami dasar historis, yuridis, dan sosiologis PKn serta dinamika dan tantangan PKn.