Enrolment options

Evaluasi Pendidikan

Evaluasi Pendidikan

Course modified date: 5 Feb 2024
Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-19AF
Deskripsi:
1. Memahami pengertian, tujuan, dan manfaat evaluasi pendidikan 2. Memahami bentuk instrumen penilaian dan tagihan. 3. Menyusun indikator capaian kompetensi 4. Menerapkan tingkatan kecakapan tiap ranah 5. Menerapkan syarat kualitas instrument tes 6. Menyusun instrumen penilaian 7. Menganalisis butir instrumen tes 8. Melakukan pensekoran dalam penilaian 9. Menerapkan acuan dalam penilaian 10. Merancang remidi dan pelaporan 11. Memanfaatkan hasil penilaian
Capaian Pembelajaran
  • Mengembangkan instrumen penilaian
  • Melakukan pensekoran dalam penilaian
  • Memanfaatkan hasil penilaian
Daftar Pustaka:
  • (1) Allen, M.J. & Yen, W.M. 1979. Introduction to Measurement Theory. Belmont, California: Wadswort, (2) Inc. Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (3) Cunningham, G.K. 1998. Assessment in the Classroom: Constructing and Interpreting Test. Falmer Press. (4) Erickson, R.C., & Wentling, T.L. 1988. Measuring Student Growth: Techniques and Procedures for Occupational Education. Urbana, Illinois: Griffon Press. (5) Gronlund, N.E. 1974. Improving Marking and Reporting in Classroom Instruction. New York: Macmillan Pub. Co, Inc. (6) Hamalik, O. 1989. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Bandung: Mandar Maju. Kurikulum SMK 2004. Pola Induk Pengembangan Sistem Penilaian Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas. (7) Mardapi, D. 2007. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendekia. (8) Marzano, R.J. 2006. Classroom Assessment & Grading that Work. Alexandria: ASCD. (9) Masrun. 1979. Analisa Item untuk Tes Objektif. Yogyakarta: UGM. (10) Roid, G.H. & Haladyna, T.M. 1982. A Technology for Test-Item Writing. New York: Academic Press, Inc. (11) Stanley, J.C. & Hopkins, K.D. 1978. Educational and Psychological and Evaluation. New Delhi: Prentice-Hall.
Guests cannot access this course. Please log in.