Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi, KTSP, Kurikulum 2013 untuk sekolah Dasar dan Menengah; dasar acuan Kurikulum 2013 (SKL, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian revisi tahun 2016); Kurikulum berbasis Kompetensi, Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran (Outcome-Based Education; OBE) dan kaitannya dengan KKNI dan SNPT di Perguruan Tinggi; Kurikulum Pendidikan Tinggi UM dengan Pendekatan Kapabilitas, Transdisipliner dan Belajar Berbasis Kehidupan; Teori-teori belajar sebagai landasan filosofis pembelajaran biologi (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, Humanisme, Revolusi Sosial Kultural); Teori Perkembangan Kognitif, Kepribadian, Sosial, Moral dan dan penerapannya dalam Kurikulum 2013; Pendekatan dan model pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum PT berorientasi KKNI (Pendekatan Saintifik dan STEM; Discovery-Inquiry, PBL, PjBL, SETS/STEM dan pembelajaran kooperatif) Model-model pengembangan desain pembelajaran; Kajian/analisis kritis contoh-contoh pembelajaran dari artikel-artikel jurnal ilmiah internasional
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi, KTSP, Kurikulum 2013 untuk sekolah Dasar dan Menengah; dasar acuan Kurikulum 2013 (SKL, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian revisi tahun 2016); Kurikulum berbasis Kompetensi, Kurikulum Berbasis Capaian Pembelajaran (Outcome-Based Education; OBE) dan kaitannya dengan KKNI dan SNPT di Perguruan Tinggi; Kurikulum Pendidikan Tinggi UM dengan Pendekatan Kapabilitas, Transdisipliner dan Belajar Berbasis Kehidupan; Teori-teori belajar sebagai landasan filosofis pembelajaran biologi (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, Humanisme, Revolusi Sosial Kultural); Teori Perkembangan Kognitif, Kepribadian, Sosial, Moral dan dan penerapannya dalam Kurikulum 2013; Pendekatan dan model pembelajaran yang relevan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum PT berorientasi KKNI (Pendekatan Saintifik dan STEM; Discovery-Inquiry, PBL, PjBL, SETS/STEM dan pembelajaran kooperatif) Model-model pengembangan desain pembelajaran; Kajian/analisis kritis contoh-contoh pembelajaran dari artikel-artikel jurnal ilmiah internasional
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis perkembangan pembelajaran biologi di sekolah dan perguruan tinggi sesuai dengan Kurikulum yang berlaku (Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pendidikan Tinggi beorientasi KKNI dan SNDIKTI)
- Mengembangkan desain pembelajaran biologi yang inovatif berbasis kehidupan dengan didasarkan pada hasil kajian lapangan, landasan teori belajar dan pembelajaran, perkembangan peserta didik, tuntutan pendekatan saintifik, dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian, perkembangan teknologi informasi, serta potensi dan kearifan lokal.
- Mengimplementasikan desain pembelajaran inovatif pada situasi kelas riil atau peer teaching serta menyusun laporan hasil pengembangan dan kajiannya sebagai bahan publikasi ilmiah atau penulisan portofolio perkuliahan.
- ADDIE Instructional Design Model. Retrived December 20, 2016. http://itsinfo.tamu.edu/ workshop/handouts.pdf.
- Anonimous, 2018. Pedoman Pengembangan Kurikulum UM. LP3 UM.
- Arends, R.I. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.
- Delisle, R. 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD USA
- Dick, Walter, Lou Carey & James, O. Carey. 2003. The Systematic Design of Instruction. Addison – Welswey Educational Publisher
- Gosper, Maree and Ifanthaler, Dirk. 2014. Curriculum Models for the 21st Century: Using Learning Technology in Higher Education. New York: Springer
- Llewellin, Douglas, 2013. Teaching high School Science through Inquiry and Argumentation Second Edition. California: Corwin a SAGE Company
- Slavin, Robert, E. 1990. Cooperative Learning (Second Edition). Boston: Allyn & Bacon
- Trilling, Bernie and Fadel Charles. 2009. 21st Century Skill: Learning for Life in Our Time. San Francisco: Jossey-Bass, A Milley Imprint
- Teacher: Susriyati Mahanal
- Enrolled students: 21
Guests cannot access this course. Please log in.