Enrolment options
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mendalami salah satu materi mata kuliah Biologi atau Pendidikan Biologi yang menjadi minatnya untuk dijadikan tempat magang, membahas dengan pembina mata kuliah mengenai RPS yang dikembangkan oleh pembina mata kuliah, juga filosofi, pendekatan, model pembelajaran, media pembelajaran, serta asesmen yang digunakan dalam mata kuliah tempat magang. Secara kolaboratif merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mata kuliah tempat magang dalam platform Lesson Study for Learning Community (LSLC) atau platform lainnya sesuai yang disepakati dalam Program Studi Pendidikan Biologi. Menyusun makalah atau artikel mengenai pengalaman magangnya untuk disajikan dalam pertemuan ilmiah atau dikirimkan dalam bentuk artikel untuk dimuat dalam jurnal ilmiah nasional/internasional
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengembangkan pembelajaran spesifik untuk membelajarkan konsep Biologi atau pendidikan/pembelajaran Biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) yang diterapkan dalam praktik pembelajaran di kelas untuk menunjang unjuk kerja sebagai guru/pendidik biologi profesional di jenjang sekolah atau perguruan tinggi melalui pola pengembangan keprofesian pendidik dengan pola lesson study dan PTK
- Mengimplementasikan dan mengevaluasi desain pembelajaran inovatif pada situasi kelas riil berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) serta menyusun laporan hasil pengembangan dan kajiannya sebagai bahan publikasi ilmiah (makalah atau artikel jurnal)
- Arends, R.I. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.
- Delisle, R. 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD USA.
- Dick, Walter, Lou Carey & James, O. Carey. 2003. The Systematic Design of Instruction. Addison – Welswey Educational Publisher.
- 4. Gosper, Maree and Ifanthaler, Dirk. 2014. Curriculum Models for the 21st Century: Using Learning Technology in Higher Education. New York: Springer.
- 5. Llewellyn, Douglas, 2013. Teaching high School Science through Inquiry and Argumentation Second Edition. California: Corwin a SAGE Company.
- 6. Slavin, Robert, E. 1990. Cooperative Learning (Second Edition). Boston: Allyn & Bacon
- 7. Trilling, Bernie and Fadel Charles. 2009. 21st Century Skill: Learning for Life in Our Time. San Francisco: Jossey-Bass, A Milley Imprint.
- 8. Perpres No 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
- 9. Permendikbud Ristek no 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
- 10. Panduang Pengembangan Kurikulum Program Sarjana di Lingkungan Universitas Negeri Malang
- Teacher: Ibrohim Ibrohim
- Enrolled students: 16