Enrolment options
Kajian Kurikulum & Buku Teks Sejarah 07314-PSEJ6022-PS-PS-20241
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
PS-PS
Deskripsi:
Pengertian, tujuan, manfaat dan ruang lingkup kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum berbasis kompetensi, rasional pengembangan Kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013, pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013, silabus dan buku teks mata pelajaran sejarah Kurikulum 2013.
Capaian Pembelajaran
Mampu menemukan dan menghayati nilai-nilai pendidikan sejarah dari kurikulum , silabus dan buku teks sejarah sebagai titik-tolak pengembangan nilai-nilai pendidikan. karakter secara kontekstual dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah
Mampu menganalisis secara kritis konsep, prinsip dan karakteristik kurikulum, silabus dan buku teks mata pelajaran Sejarah dan Sejarah Indonesia.
Mampu menerapkan prosedur analisis kurikulum dan buku teks sejarah secara kritis dan sistematik, untuk menemukan dan memgkomunikasikan kesesuaian prinsip-prinsip kurikulum dengan silabus, silabus dengan buku teks.
1. Kasimanuddin Ismain. 2015. Penyusunan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk Menganalisis Kurikulum Sekolah pada Matakuliah Kajian Kurikulum dan Buku Teks sejarah. Dalam Prosiding International Conference : Contribution of History For Social Sciences an And Humanities. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2013. Silabus Mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah SMA/MA/SMK/MAK
3. Masnur Muslih. 2012. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan Jakarta: PT Bumi Aksara
4. Masnur Muslih. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
5. Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis Dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/
6. Nana Syaodih Sukmadinata. Et.al. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama
7. Suparlan. 2012. Tanya Jawab pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Bandung: Remaja PT Remaja Rosdakarya
8. Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Prenada Media Group.
9. Buku Siswa dan Buku Panduan Guru Mata Pelajaran Sejarah Kurikulum 2013 SMA
10. Enco Mulyoso.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Rosyda
11. Enco Mulyoso-.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung
12. Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
- Teacher: Indah Wahyu Puji Utami
- Enrolled students: 2