Enrolment options

Kajian Kurikulum & Buku Teks Sejarah
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
PS-PS
Deskripsi:

Pengertian, tujuan, manfaat dan ruang lingkup kurikulum dan buku teks, perkembangan kurikulum di Indonesia, kurikulum berbasis kompetensi, rasional pengembangan Kurikulum 2013, prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum 2013, pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013, silabus dan buku teks mata pelajaran sejarah Kurikulum 2013.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menemukan dan menghayati nilai-nilai pendidikan sejarah dari kurikulum , silabus dan buku teks sejarah sebagai titik-tolak pengembangan nilai-nilai pendidikan. karakter secara kontekstual dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran sejarah

  • Mampu menganalisis secara kritis konsep, prinsip dan karakteristik kurikulum, silabus dan buku teks mata pelajaran Sejarah dan Sejarah Indonesia.

  • Mampu menerapkan prosedur analisis kurikulum dan buku teks sejarah secara kritis dan sistematik, untuk menemukan dan memgkomunikasikan kesesuaian prinsip-prinsip kurikulum dengan silabus, silabus dengan buku teks.

Daftar Pustaka:
  • 1.     Kasimanuddin Ismain. 2015. Penyusunan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk Menganalisis Kurikulum Sekolah pada Matakuliah Kajian Kurikulum dan Buku Teks sejarah. Dalam Prosiding International Conference : Contribution of History For Social Sciences an And Humanities. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

  • 2.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2013. Silabus Mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah SMA/MA/SMK/MAK

  • 3.     Masnur Muslih. 2012. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan Jakarta: PT Bumi Aksara

  • 4.     Masnur Muslih. 2010. Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

  • 5.     Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis Dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/

  • 6.     Nana Syaodih Sukmadinata. Et.al. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama

  • 7.     Suparlan. 2012. Tanya Jawab pengembangan Kurikulum dan Materi Pembelajaran. Bandung: Remaja PT Remaja Rosdakarya

  • 8.     Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi KBK. Jakarta: Prenada Media Group.

  • 9.     Buku Siswa dan Buku Panduan Guru Mata Pelajaran Sejarah Kurikulum 2013 SMA

  • 10. Enco Mulyoso.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Rosyda

  • 11. Enco Mulyoso-.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung

  •       12. Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Guests cannot access this course. Please log in.