Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan praktik Demokrasi Pancasila serta keterkaitannya dengan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana Pancasila sebagai ideologi negara menjadi landasan bagi sistem demokrasi Indonesia dan bagaimana prinsip-prinsip Pancasila diintegrasikan ke dalam kebijakan politik, hukum, dan sosial. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas konsep dasar, sejarah, dan perkembangan HAM di Indonesia dan dunia, serta bagaimana HAM diakui dan dilindungi dalam kerangka Demokrasi Pancasila. Melalui pendekatan interdisipliner, mahasiswa diajak untuk menganalisis berbagai tantangan dalam penerapan Demokrasi Pancasila dan penegakan HAM di Indonesia, baik dari segi hukum, politik, maupun sosial budaya. Mahasiswa juga akan mengeksplorasi isu-isu kontemporer terkait demokrasi dan HAM, seperti pluralisme, kebebasan berpendapat, serta hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Studi kasus yang relevan akan digunakan untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana Demokrasi Pancasila dan HAM diaplikasikan dalam situasi nyata di Indonesia.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dan praktik Demokrasi Pancasila serta keterkaitannya dengan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana Pancasila sebagai ideologi negara menjadi landasan bagi sistem demokrasi Indonesia dan bagaimana prinsip-prinsip Pancasila diintegrasikan ke dalam kebijakan politik, hukum, dan sosial. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas konsep dasar, sejarah, dan perkembangan HAM di Indonesia dan dunia, serta bagaimana HAM diakui dan dilindungi dalam kerangka Demokrasi Pancasila. Melalui pendekatan interdisipliner, mahasiswa diajak untuk menganalisis berbagai tantangan dalam penerapan Demokrasi Pancasila dan penegakan HAM di Indonesia, baik dari segi hukum, politik, maupun sosial budaya. Mahasiswa juga akan mengeksplorasi isu-isu kontemporer terkait demokrasi dan HAM, seperti pluralisme, kebebasan berpendapat, serta hak-hak sipil, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Studi kasus yang relevan akan digunakan untuk membantu mahasiswa memahami bagaimana Demokrasi Pancasila dan HAM diaplikasikan dalam situasi nyata di Indonesia.
Capaian Pembelajaran
- Memahami berbagai konsep dan teori-teori tentang demokrasi
- Memahami berbagai konsep dan teori-teori tentang demokrasi
- Mengenali karakteristik demokrasi Pancasila Menganalisis aplikasi demokrasi di Indonesia
- Mengenali karakteristik demokrasi Pancasila Menganalisis aplikasi demokrasi di Indonesia
- Menganalisis aplikasi demokrasi di Indonesia
- Menganalisis aplikasi demokrasi di Indonesia
- Berkomitmen untuk melaksanakan demokrasi Pancasila di Indonesia
- Berkomitmen untuk melaksanakan demokrasi Pancasila di Indonesia
- Mensintesis teori dan konsep HAM dalam perspektif Pancasila
- Mensintesis teori dan konsep HAM dalam perspektif Pancasila
- Menganalisis kasus-kasus HAM di Indonesia
- Menganalisis kasus-kasus HAM di Indonesia
- Mengidentifikasi tantangan dalam penerapan demokrasi Pancasila dan HAM
- Mengidentifikasi tantangan dalam penerapan demokrasi Pancasila dan HAM
- Paul, Barit & Beny Norman. 1988. Kompilasi Deklarasi Hak Asasi Manusia. Jakarta: Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.
- Heywood, Andrew. 2016. Ideologi Politik, sebuah pengantar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
- Sargent, Lyman Tower. 2017. Teori dan Ideologi Politik. Contemporary Political Ideologies dialih bahasakan oleh A.R Henry Sitanggang.
- Thompson, John B. 2014. Analisis Ideologi Dunia Kritik Wacana Ideologi. Ircisod. Yogyakarta. Suseno, Frans Magnis. 1995. Mencari Sosok Demokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Asshiddiqie, Jimly. 2007. Ideologi Pancasila dan Konstitusi. Jakarta: Mahkamah Konstitusi.
- Bahar, Safroedin. (1995). Risalah Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) 28 Mei 1945-22 Agustus 1945. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia
- Bakry, Noor Ms. (2010). Pendidikan Pancasila, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Latif, Yudi. (2011). Negara Paripurna (historisitas, rasionalitas, dan aktualitas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Mahfud MD, Moh. (2001). Dasar dan struktur ketatanegaraan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
- Supriyatno , Arie.(2011). Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan. Vol. 3 No. 6. Hal 164-172
- Hermawan. Iyep (2006). Peranan Pendidikan Politik Dalam Membina Insan Akademis Berperilaku Demokratis. Jurnal Civicus. Vol II. Hal 494-501 10.
- Eko, Prastyo. 2001. HAM Kejahatan Negara dan Imperalisme Modal. Yogyakarta: Insist press.
- Prinst Darman. 2001. Sosialisasi dan Disminasi Penegakan Hak Asasi Manusia. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti.
- Romadhon, Naning. 1983. Cita dan Citra Hak-hak Asasi Manusia di Indonesia. Jakarta: Lembaga Kriminologi Universtas Indonesia.
- Sadiyo. 1993. Pelaksanaan Hak-hak Asasi Manusia Menurut UUD 1945. Malang: IKIP Malang.
- Shabirin, Nadya dan Naning Mardiniah. 2000. Disminasi Hak Asasi Manusia. Jakarta: CESDA LP3ES
- Budiardjo, Miriam.1980.Dasar-dasar llmu Politik. Jakarta: Gramedia.
- Hazairin. 1983. Demokrasi Pancasila. Jakarta: Aneka cipta.
- Joeniarto. 1982. Domokrasi dan Sistem Pemerintahan Negara. Jakarta: Bina Aksara.
- Pamudji, S. 1995. Demokrasi Pancasila dan Ketahanan Nasional. Jakarta: Bina Aksara.
- Rais, Amien. 1986. Demokrasi dan Proses Politik. Jakarta: LP3ES.
- Sukarna. 1981. Demokrasi Versus Kediktatoran. Bandung: Alumni.
- Teacher: A. ROSYID AL ATOK
- Enrolled students: 37
Guests cannot access this course. Please log in.