Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang makna kurikulum; hakekat kurikulum dalam pendidikan; kedudukan dan landasan teortik tentang kurikulum dalam pendidikan; hakekat, tujuan dan ruang lingkup PPKn; kebijakan terkait dengan kurikulum, kerangka dasar dan struktur kurikulum merdeka; capaian pembelajaran PPKn, materi pembelajaran PPKn; standar proses pembelajaran PPKn; standar penilaian pembelajaran PPKn; landasan teoritik dan kebijakan terbaru terkait dengan perencanaan pembelajaran; dan praktek pengembangan perencanaan pembelajaran PPKn sesuai dengan kebijakan terbaru.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang makna kurikulum; hakekat kurikulum dalam pendidikan; kedudukan dan landasan teortik tentang kurikulum dalam pendidikan; hakekat, tujuan dan ruang lingkup PPKn; kebijakan terkait dengan kurikulum, kerangka dasar dan struktur kurikulum merdeka; capaian pembelajaran PPKn, materi pembelajaran PPKn; standar proses pembelajaran PPKn; standar penilaian pembelajaran PPKn; landasan teoritik dan kebijakan terbaru terkait dengan perencanaan pembelajaran; dan praktek pengembangan perencanaan pembelajaran PPKn sesuai dengan kebijakan terbaru.
Capaian Pembelajaran
- Memahami hakekat kurikulum dalam Pendidikan.
- Memahami tentang PPKn;
- Memahami kebijakan terbaru tentang kurikulum (PPKn);
- Memahami capaian pembelajaran, materi, strategi dan penilaian dalam pembelajaran PPKn berdasar kurikulum terbaru;
- Memahami landasan teoritik perencanaan pembelajaran (PPKn);
- Memahami kebijakan dalam perencanaan pembelajaran (PPKn);
- Mengembangkan perencanaan pembelajaran mata pelajaran PPKn berdasarkan landasan teoritik dan kebijakan kurikulum kekinian;
- Bersikap kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran PPKn.
- Abdul Gofur. 1982. Desain Instruksional serta langkah Sistematis. Solo: Tiga Serangkai AECT. 1994. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta:PT Grafindo Persada. Arsyad, A. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada Bailey, John, Scott Ellis, Carri Schneider, & Tom Vander Ark. (2013). Blended Learning Implementation Guide. USA: Digital Learning Now (DLN). Bernatek, Brad, effrey Cohen, Matt Wilka, dan John Hanlon. 2012. Blended Learning in Practice: Case Studies from Leading Schools. USA: FSG. Diakses tanggal 31 Mei 2013 http://www.fsg.org/tabid/191/ArticleId/799/Default.aspx?srpush=true&utm_source=buffer&buffer_share=ae6fe#.UL-bMcog9Y4.twitter BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas. Degeng, I Nyoman Sudana. 1999. Peran Teknologi Pembelajaran di Era Kesemrawutan Global. Makalah Seminar Teknologi Pembelajaran 26 September 1999 di STKIP Singaraja, Bali. Degeng, I Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Dikti. P2LPTK. Dick, Walter; Carey, Lou; Carey, James O. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson. Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2015. Panduan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Panduan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Hamalik, Oemar.1985. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Latuheru, J.D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti. Mbulu, J & Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Elang Mas. Miarso dkk. 1984. Teknologi Komunikasi Pendidikan, Pengertian dan Penerapanya di Indonesia. Jakarta: Pustekkom Dikbud Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pembelajaran. Semiawan, Conny.1985. Pendekatan Ketrampilan Proses bagaimana mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia. Sihkabuden. 1985. Pengatar Media Pendidikan. Malang: FIP IKIP MALANG. Staker, Heather & Michael B. Horn. 2012. Classifying K-12 Blended Learning. USA: Innosight Institute. Sudjana, Nana. 1991. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Kebijakan terkait kurikulum merdeka
- Teacher: Margono Margono
- Enrolled students: 38
Guests cannot access this course. Please log in.