Enrolment options

Perancangan dan Pengembangan Produk
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
F1-04GG
Deskripsi:
- Konsep produk - Pengembangan ide/gagasan tentang fungsi produk (berdasarkan persepsi kebutuhan pasar ataupun inovasi teknologi). - Analisis tekno ekonomi dan pemasaran - Perancangan produk (engineering & industrial design). - Pembuatan prototipe, test dan evaluasi - Aktivitas produksi serta penjualan (distribusi) produk. - Issue-issue terkini dalam proses pengembangan produk.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami ruang lingkup proses perancangan dan pengembangan produk industri.
  • Membedakan core component dan support component yang melekat dalam sebuah produk.
  • Melakukan sintesa terhadap peluang-peluang baru bagi pengembangan produk inovatif.
  • Mengaplikasikan berbagai metode dalam menginterpretasikan voice of customer (VOC) hingga menjadi produk jadi.
  • Mengembangkan produk dimulai dari fase ke 0 sampai ke 5
  • Menentukan fungsi trade off biaya terhadap kualitas dalam spesifikasi produk
Daftar Pustaka:
  • Pahl, G., & Beitz, W. 2013. Engineering Design: A Systematic Approach. Springer Science & Business Media.
  • Pessoa, M. V. P. & Trabasso, L. G. 2016. The Lean Product Design and Development Journey: A Practical View. Springer.
  • Silva, A. 2010. Handbook of Research on Trends in Product Design and Development: technological and Organizational Perspective. Business Science Reference.
  • Ulrich, K.T, & Eppinger, S.D. 2015. Product Design & Development, Edisi 6. McGraw- Hill.
Guests cannot access this course. Please log in.