Enrolment options

Metodologi Penelitian Kualitatif dan Campuran
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami berbagai perpesktif (paradigm) penelitian dan mendalami teori dan prinsip penelitian kualitatif dan campuran sehingga mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kualitatif dan campuran. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup paradigma penelitian pendidikan fisika, konsep-konsep dasar metodologi penelitian kualitatif & campuran, dan penerapannya dalam penelitian pendidikan fisika, jenis-jenis desain penelitian kualitatif dan campuran, metode penelitian kualitatif dan campuran (teknik sampling, identifikasi variabel dan pengukurannya, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data), dan berbagai teknik analisis, termasuk menggunakan bantuan sofware tertentu yangs esuai, yang diperlukan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data kualitatif dan campuran. Selain itu, untuk membangun wawasan tentang trend permasalahan yang menjadi fokus penelitian pendidikan fisika dalam lima tahun terakhir, dibahas pula review artikel-artikel pendidikan fisika yang dimuat di jurnal internasional bereputasi.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip metode penelitian kualitatif yang mencakup desain, pengumpulan data, analisis data, dan kajian artikel internasuinal dalam penelitian pendidikan fisika sesuai kaidah ilmiah dan etika akademik
  • Menguasai prinsip-prinsip metode penelitian campuran yang mencakup desain, pengumpulan data, analisis data, dan kajian artikel internasuinal dalam penelitian pendidikan fisika sesuai kaidah ilmiah dan etika akademik
  • Merancang penelitian pendidikan fisika yang diwujudkan dalam bentuk proposal penelitian dengan menerapkan metode penelitian kualitatif dan campuran sesuai karakteristik materi fisika secara kreatif, inovatif, dan orisinil
Daftar Pustaka:
  • Creswell, J. W. & Clark, V.L.P. 2018. Design and conducting mixed methods research. Third Edition. Singapore: Sage Publications.
  • Suryadi, A., Purwaningsih, E., Yuliati, L., Koes-Handayanto, S. 2024. STEM teacher professional development in pre-service teacher education: A literature review. Waikato Journal of Education, 2023, 28(1), pp. 7–26 (Hasil Penelitian yang berjudul MENINGKATKAN STEM TEACHER IDENTITY CALON GURU FISIKA MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPPED CLASSROOM: STUDI EXPLORATORY SEQUENTIAL MIXED METHOD, DRPTM 2023)
  • Fuadah, F., Yuliati, L., Parno. 2024. Conceptual Changes in Problem-Based Distance Learning with Edmodo on Wave Materials. AIP Conference Proceedings, 2024, 2799(1), 020122. (Hasil penelitian yang berjudul PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MASALAH BERBANTUAN EDMODO PADA MATERI GELOMBANG DI SMAN 2 JEMBER, PNBP UM, 2021)
  • Nurita, T., Yuliati, L., Mahdiannur, M.A., Ilhami, F.B. 2024. The Effectiveness of Case-Based STEM Integrated with Mobile Simulation to Foster Students’ Creative Thinking Skills. International Journal of Interactive Mobile TechnologiesThis link is disabled., 2024, 18(7), pp. 97–106 (Hasil Penelitian yang berjudul Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Model CBL STEM Pada Materi Getaran, DRPTM, 2023)
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Sherman, R.R. & Webb, R.B. 2005. Qualitative Research in Education: A Focus. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.2-20). Routledge Falmer.
  • Giarelli. J.M. 2005. Qualitative Inquiry in Philosophy and Education: Notes on the Pragmatic Tradition. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.21-26). Routledge Falmer.
  • Giarelli J.M. & Chambliss, J.J. 2005. Philosophy of Education as Qualitative Inquiry. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.28-39).
  • Creswell, J. W. 2007: Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.
  • Creswell, J. W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 4th edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  • W. Alex Edmonds and Thomas D. Kennedy. 2017. An Applied Guide to Research Designs Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Second Edition · Los Angeles: SAGE
Guests cannot access this course. Please log in.