Enrolment options

Metodologi Penelitian Kuantitatif
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A25
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami berbagai perpesktif (paradigm) penelitian dan mendalami teori dan prinsip penelitian kuantitatif sehingga mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kuantitatif. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup paradigma penelitian pendidikan fisika, konsep-konsep dasar metodologi penelitian kuantitatif dan penerapannya dalam penelitian pendidikan fisika, jenis-jenis desain penelitian kuantitatif (eksperimental dan non eksperimental), metode penelitian kuantitatif (teknik sampling, identifikasi variabel dan pengukurannya, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data), dan berbagai statistik yang diperlukan untuk menganalisis data kuantitatif. Selain itu, untuk membangun wawasan tentang trend permasalahan yang menjadi fokus penelitian pendidikan fisika dalam lima tahun terakhir, dibahas pula review artikel-artikel pendidikan fisika yang dimuat di jurnal internasional bereputasi.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip metodologi penelitian kuantitatif dan mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika secara tepat.
Daftar Pustaka:
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Joyce P. Gall, Meredith Damien Gall, and Walter R. Borg. 2014. Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice. Sixth Edition. State of America: Pearson New International Edition
  • Creswell, J.W. 2015. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. FIFTH EDITION. Boston: Pearson Education, Inc.
  • Leech, N. G; Barrett, K. C.& Morgan, G. A. 2015. SPSS for intermediate statistics: Use and interpretation, FIFTH EDITION. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Morgan, G. A, Leech, N. L, Gloeckner, G. W,& Barrett, K. C. 2011. SPSS for introductory statistics: Use and interpretation, Fourth Edition. London: Lawrence Erlbaum Associates.
  • Shrock, S.A., Coscarelli, W.C. 2007. Criterion Referenced Test Development Technical and Legal Guidelines for Corporate Training (3rdEdition). Maryland: John Wiley & Sons, Inc.
  • Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. 2018. Research Methods in Education. Eighth edition. New York, N.Y.: Routledge.
  • J. Schreiber, Kimberly Asner-Self. Educational Research -John Wiley & Sons (2011)
  • Glenn Gamst, LAWRENCE S. MEYERS, and A. J. GUARINO. (2008) Analysis of Variance Designs: A Conceptual and Computational Approach with SPSS and SAS. New York: Cambridge University Press
  • Andy Field. 2015. DISCOVERING STATISTICS USING SPSS STATISTICS. 5th Edition. London: SAGE Publications Ltd
  • A. Rajathi and P. Chandran. 2015. SPSS for You. New Delhi: MJP Publishers
  • Darren George & Paul Mallery. 2020. IBM SPSS Statistics 26 Step by Step: A Simple Guide and Reference. sixteenth edition. New York: Roudledge Taylor & Francis
  • Jeffrey A. Gliner, George A. Morgan, And Nancy L. Leech. 2017. Research Methods In Applied Settings: An Integrated Approach To Design And Analysis. THIRD EDITION. New York: Roudledge Taylor & Francis
  • Artikel-artikel penelitian pendidikan fisika yang menggunakan metode kuantitatif dan diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi.
Guests cannot access this course. Please log in.