Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas paradigma ilmu sosial; konsep-konsep sosial dalam ilmu sosial sesuai dengan jurusan dan prodi; ruang lingkup dan kajian ilmu sosial; perspektif, tujuan dan peran ilmu sosial; teori-teori berbagai disiplin ilmu sosial; modal sosial, etika sosial, dan moral sosial; kepekaan, kecerdasan, dan kepedulian sosial; konflik sosial; patologi sosial; konsep dan teori perubahan sosial. Selain itu juga berisi projek mahasiswa untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat berbasis kearifan lokal. Secara khusus matakuliah ini berisi rumusan masalah spesifik yang dihadapi masyarakat tertentu, data tentang penyebab dan sumber untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif pemecahan masalah, pilihan pemecahan masalah sebagai solusi yang paling layak untuk dilakukan, rencana tindakan, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan tindakan, dampak tindakan, evauasi, dan pelaporan/komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas paradigma ilmu sosial; konsep-konsep sosial dalam ilmu sosial sesuai dengan jurusan dan prodi; ruang lingkup dan kajian ilmu sosial; perspektif, tujuan dan peran ilmu sosial; teori-teori berbagai disiplin ilmu sosial; modal sosial, etika sosial, dan moral sosial; kepekaan, kecerdasan, dan kepedulian sosial; konflik sosial; patologi sosial; konsep dan teori perubahan sosial. Selain itu juga berisi projek mahasiswa untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat berbasis kearifan lokal. Secara khusus matakuliah ini berisi rumusan masalah spesifik yang dihadapi masyarakat tertentu, data tentang penyebab dan sumber untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif pemecahan masalah, pilihan pemecahan masalah sebagai solusi yang paling layak untuk dilakukan, rencana tindakan, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan tindakan, dampak tindakan, evauasi, dan pelaporan/komunikasi.
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep dan paradigma ilmu sosial
- Menguasai dan memahami ruang lingkup ilmu sosial
- Menguasai perspektif dan tujuan ilmu sosial
- Menguasai teori-teori berbagai disiplin ilmu sosial dan mampu mensistensikan
- Memiliki modal, etika, moral sosial, kecerdasan sosial dan serta berperan aktif dalam pembangunan sosial
- Memiliki kemampuan melakukan penelitian sosial dan Menjadi agen perubahan sosial yang berguna bagi nusa dan bangsa
- Memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah masyarakat melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berdasarkan kearifan local
- Menerapkan prosedur: identifikasi masalah, pengumpulan data, penyusunan alternatif solusi, pemilihan solusi, peyusunan rencana aksi, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan aksi, asesmen dan refleksi, dan pelaporan
- Menggalang kolaborasi antara dosen pembimbing, mahasiswa, kelompok sosial, pemerintah dan/atau dunia usaha/industri dalam memecahkan masalah masyarakat
- Memiliki empati kepada warga masyarakat yang mengalami masalah masyarakat
- Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press
- Banks, James. 2014. Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan IPS: Inkuiri, Penilaian dan Membuat Keputusan. Bandung: UPI
- Budiman, Arief. 1996. Teori Pembangunan Duma Ketiga. Jakarta: Gramedia
- Clament, Kevin.P. 1997. Teori Pembangunan dari Kiri ke Kanan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Craib, Ian, 1986, Teori-Teori Sosial Modern. Jakarta:Penerbit CV. Rajawali
- Daulay, M. Nur Husein, dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Depok: Rajawali Press
- Fajar, Arnie. 2016. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
- Field, John. 2014. Modal Sosial. Bantul: Kreasi Wacana
- Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
- Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: LP3ES
- Mac Kenzie, Norman. 1968. A Guide to Sosial Sciences. New York: Toronto, The New American Library
- Malo, Manasse (Ed). 1989. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers
- Nasikun. 2018. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta. Rajawali Press
- Safarina dan Abdulah Idi. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: RajaGrafido Persada
- Santoso, Widjajanti Mulyono. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yoyakarta: Yayasan Obor Indonesia
- Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial, Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: PT. Bumi Aksara
- Soetomo. 2013. Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Teacher: Waode Yunia Silviariza
- Enrolled students: 37
Guests cannot access this course. Please log in.