Enrolment options

Praktik Pembelajaran Mikro Sosiologi
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini menekankan pada keterampilan praktik mengajar mahasiswa yang menunjang kemampuan pedagogis sebagai calon pendidik. Kegiatan perkuliahan didominasi dengan kegiatan kelompok dan praktik langsung. Proses perkuliahan dilakukan menggunakan metode team-based, case method, dan problem-based learning. Ruang lingkup perkuliahan terdiri atas telaah tentang definisi, fungsi, dan manfaat praktik micro teaching, etika profesi guru dan standar kompetensi guru, telaah perangkat pembelajaran yang digunakan di SMA, merancang perangkat pembelajaran sesuai kurikulum berlaku di Indonesia, evaluasi perangkat pembelajaran yang telah disusun, dan implementasi perangkat pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui penilaian diagnostik, penilaian perangkat pembelajaran, dan penilaian keterampilan mengajar yang dilakukan oleh dosen dan antar teman sebaya.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mendeskripsikan perangkat pembelajaran yang digunakan guru di SMA melalui contoh perangkat pembelajaran bersumber dari guru dan internet sehingga menunjukkan kemandirian dan pemikiran kritis.
  • Mahasiswa mampu membuat rancangan desain perangkat pembelajaran sesuai kurikulum berlaku di Indonesia yang menunjukkan kreativitas dan adaptif terhadap perubahan kurikulum di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu mempraktikkan proses pembelajaran sosiologi sesuai desain perangkat pembelajaran melalui kegiatan simulasi yang menunjukkan inovasi terhadap perkembangan IPTEKS.
Daftar Pustaka:
  • Abdulhak, Ishak, dkk. 2017. E-Learning: Konsep & Implementasi. Bandung: UPI Press.
  • Atmawati, Trisni. 2018. EDS Online: Membangun Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Bantul: K-Media.
  • Barnawi, dkk. 2015. Microteaching: Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Sleman: Ar-Ruzz.
  • Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  • Doringin, Ferry. 2020. Micro Teaching Praktik Mengajar Mikro Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Penerbit Pohon Cahaya.
  • Fry, Heather, dkk. 2003. A Handbook for Teaching & Learning in Higher Education. United States: Kogan Page Limited.
  • Helmiati. 2013. Micro Teaching: Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  • Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Bandung: Mizan Learning Center.
  • Ifrianti, Syofnidah. 2019. Teori dan Praktik Microteaching. Yogyakarta: Pustaka Pranala.
  • Kusmiyati., & Rois, Suhud. 2018. Inquiry Based Science Education (IBSE). Surabaya: Pustaka Media Guru.
  • Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dan Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
  • Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran: Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
  • Permana, Septian Aji. 2017. Strategi Pembelajaran IPS Kontemporer. Yogyakarta: Media Akademi.
  • Pritchard, Alan. 2007. Effective Teaching with Internet Technologies: Pedagody and Practice. London: Paul Chapman Publishing.
  • Richards, Jack C., & Renandya, Willy A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press.
  • Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
  • Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
  • Sukirman, Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.
  • Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
  • Suparno, dkk. 2018. Strategi Belajar Mengajar: (teori dan praktik). Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
  • Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
  • Uno, H. B., dan Koni, S. 2016. Assesment Pembelajaran: Salah Satu Bagian Penting dari Pelaksanaan Pembelajaran Yang Tidak Dapat Diabaikan dan Pelaksanaan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Wahyuningsih, Dian., & Makmur, Rakhmat. 2017. E-Learning: Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.
  • Yaniawati, Poppy. 2010. E-Learning: Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya.
Guests cannot access this course. Please log in.