Enrolment options

Internasionalisasi UMKM
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
C23-C23
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan tentang strategi UMKM masuk pasar internasional. Deskripsi materi meliputi konsep dasar internasionalisasi UMKM, strategi internasionalisasi UMKM, pendekatan klasik menuju internasionalisasi UMKM, Internasionalisasi UMKM melalui jaringan (networking), pendekatan baru menuju internasionalisasi UMKM, strategi mengembangkan internasionalisasi UMKM. Tagihan akhir semester dari mata kuliah ini adalah makalah pengembangan strategi internasionalisasi UMKM lokal di salah satu daerah di Indonesia
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar internasionalisasi UMKM
  • Mahasiswa mampu menganalisis strategi internasionalisasi UMKM
  • Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan klasik menuju internasionalisasi UMKM
  • Mahasiswa mampu menganalisis internasionalisasi UMKM melalui jaringan (networking)
  • Mahasiswa mampu menganalisis pendekatan baru menuju internasionalisasi UMKM
  • Mahasiswa mampu mengembangkan strategi internasionalisasi UMKM
Daftar Pustaka:
  • ar Rujukan 1. Dazkiwicks, Nelly and Wach, Krzystof. 2012. Internationalization of SMEs: Context, models and Implementation. Gdansk University of Technology Publishers 2. Doole, Isobel and Lowe, Robin. 2008. International Marketing Strategy. Analysis, development and implementation. 5th edition. Cengage Learning EMEA. 3. International Finance Corporation. 2016. Women-owned SMEs in Indonesia: A Golden Opportunity for Local Financial Institutions. Market Research Study. World Bank Group. 4. SMEs Go Global Programme. https://www.smecorp.gov.my/index.php/en/programmes1/ 2015-12-21-10-06-32/smes-go-global-programme 5. Berbagai jurnal hasil penelitian yang relevan
Guests cannot access this course. Please log in.