Enrolment options

Pembelajaran Biologi Inovatif
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Menganalisis arah perkembangan kurikulum pendidikan sains/biologi di Indonesia, membahas pendekatan, strategi, dan model pembelajaran, menganalisis artikel jurnal hasil penelitian pembelajaran biologi sebagai dasar untuk menyusun rancangan pembelajaran biologi, merancang pembelajaran biologi inovatif berbasis kostruktivisme, saintifik, isu terkini, keragaman siswa, dan potensi daerah/loka
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis ciri pembelajaran abad 21
  • Menganalisis ciri pembelajaran abad 21
  • Menganalisis Pembelajaran abad 21 Berbasis Kehidupan (Life based Learning)
  • Menganalisis Pembelajaran abad 21 Berbasis Kehidupan (Life based Learning)
  • Menjelaskan urgensi pembelajaran biologi yang inovatif pada abad 21
  • Menjelaskan urgensi pembelajaran biologi yang inovatif pada abad 21
  • Menganalisis ciri pembelajaran inovatif abad 21
  • Menganalisis ciri pembelajaran inovatif abad 21
  • Menganalisis sikap, ciri, dan karakter guru inovatif pada abad 21
  • Menganalisis sikap, ciri, dan karakter guru inovatif pada abad 21
  • Mengembangkan kurikulum berbasis kemajuan IPTEK
  • Mengembangkan kurikulum berbasis kemajuan IPTEK
  • Mengembangkan dan mengukur kecakapan hidup abad 21
  • Mengembangkan dan mengukur kecakapan hidup abad 21
  • Menerapkan model/strategi/metode pembelajaran yang inovatif pada abad 21
  • Menerapkan model/strategi/metode pembelajaran yang inovatif pada abad 21
  • Menganalisis pemanfaatan inovasi teknologi dalam pembelajaran
  • Menganalisis pemanfaatan inovasi teknologi dalam pembelajaran
  • Mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif
  • Mengembangkan perangkat pembelajaran inovatif
Daftar Pustaka:
  • Greenstein, L. 2012. Assessing 21 st Century Skills. A Guide to evaluating mastery and authentic learning. Thousand Oaks, California: A Sage Company.
  • National Science Teachers Association (NSTA). 2011. NSTA position statement: Quality science education and Digital stcentury skills. www.nsta.org/about/ positions/21st century.aspx diakses 8 November 2011.
  • Partnership for Digital st Century Skills. 2002. Learning for the Digital st Century. A Report and MILE Guide for Digital st Century Skills. www.21centuryskills.org. P21.Report.pdf, diakses 10 Maret 2012.
  • Ritchhart, R. Church, M. Morrison, K. 2011. Making Thinking Visible. San Francisco: JoseyBass, A Wiley Imprint.
  • Wang, H. Dan Gearhart, D. 2006. Designing and Developing Webbased Instruction. Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hill.
  • Cooperrider, D. L., Whitney, D., & Stavros, J. M. 2008. APPRECIATIVE INQUIRY Handbook for Leaders of Change SECOND EDITION. California: BerrettKoehler Publishers, Inc
  • Murphy, M.; Redding, S.; & Twyman, J. 2013. Handbook on Innovation in Learning. Philadelphia, PA: Center on Innovations in Learning, Temple University.
Guests cannot access this course. Please log in.