Pilihan pendaftaran
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Pendidikan Era Digital Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keilmuan implementasi Teknologi Pendidikan. Pendidikan Era Digital merupakan implementasi yang mendasari pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik dan praktik dalam lingkungan belajar digital. Secara teoritis dan praktis Pendidikan Era Digital pendidikan berdasarkan keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis dan praktis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B23-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Pendidikan Era Digital Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keilmuan implementasi Teknologi Pendidikan. Pendidikan Era Digital merupakan implementasi yang mendasari pengembang teknologi pendidikan untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik dan praktik dalam lingkungan belajar digital. Secara teoritis dan praktis Pendidikan Era Digital pendidikan berdasarkan keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis dan praktis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan pedagogi konten yang sesuai dengan materi ajar dalam penggunaan teknologi pendidikan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar.
- Mahasiswa mampu mengembangkan praktik reflektif dalam penggunaan teknologi pembelajaran dengan mengevaluasi efektivitas strategi pengajaran yang diterapkan dan mengoptimalkan penggunaan teknologi.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis teknologi yang mengintegrasikan teori pembelajaran, pedagogi konten, dan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan interaktif.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil belajar siswa berdasarkan strategi pedagogi konten yang diterapkan, serta memodifikasi pendekatan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik.
- Mahasiswa mampu bekerja sama dengan sesama pengajar dan peserta didik dalam penggunaan teknologi pembelajaran, menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran.
- Ujian Akhir Semester
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.
- Jonassen. 2001. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
- Jonassen. 2004. Handbook of Research on Educational and Communications Technology. Lawrence Earlbaum Publisher
- Praherdhiono,et.al. 2019. Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang
- Praherdhiono,et.al. 2018. Komunitas Blended Learning.https://www.academia.edu/33310232/KOMUNITAS_BLENDED_LEARNING
- Praherdhiono,et.al. 2018. Konstruksi Internet Sehat melalui Pemberdayaan Guru dengan Teknologi Jejaring Pembelajaran. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Praherdhiono, et.al. 2017.Teknologi Pada Media Pembelajaran. http://www.academia.edu/33311004/TEKNOLOGI_PADA_MEDIA_PEMBELAJARAN
- Praherdhiono, et.al. 2017. Pembelajaran Berbasis Komputer. Academia. Retrieved from https://www. academia. edu/33916075/Pembelajaran_Berbasis_Komputer
- Praherdhiono, et.al. 2020. Pendekatan Heutagogy Pada Pengembangan Sumber Belajar Digital Di Bidang Vokasi
- Pengajar: Henry Praherdhiono Dr., S.Si, M.Pd
- Pelajar terdaftar: 41
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.