Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Inovasi Media Grafis dan Visual (2D & 3D) merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan Media Grafis dan Visual dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola Media Grafis dan Visual dalam pembelajaran dengan efektif. Media Grafis dan Visual secara umum meliputi kegiatan pengembangan Media Grafis dan Visual, pemanfaatan Media Grafis dan Visual, Pengelolaan Media Grafis dan Visual, Assessing/ Evaluasi terhadap Media Grafis dan Visual, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
A2A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Inovasi Media Grafis dan Visual (2D & 3D) merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan Media Grafis dan Visual dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola Media Grafis dan Visual dalam pembelajaran dengan efektif. Media Grafis dan Visual secara umum meliputi kegiatan pengembangan Media Grafis dan Visual, pemanfaatan Media Grafis dan Visual, Pengelolaan Media Grafis dan Visual, Assessing/ Evaluasi terhadap Media Grafis dan Visual, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu merancang dan menciptakan lingkungan belajar digital yang efektif dan interaktif dengan menerapkan prinsip-prinsip desain instruksional dan teori pembelajaran berbasis teknologi.
- Mahasiswa mampu memilih dan menggunakan lingkungan belajar yang tepat dengan memanfaatkan berbagai platform teknologi (misalnya, Learning Management System, aplikasi kolaboratif) untuk mendukung berbagai gaya belajar dan kebutuhan.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan desain pembelajaran berbasis teknologi yang mengintegrasikan teori pembelajaran, pedagogi konten, dan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan interaktif.
- Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian pendidikan dalam pengelolaan dan perbaikan lingkungan belajar, berdasarkan data hasil evaluasi dan umpan balik.
- Mahasiswa mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, yang mendukung beragam peserta didik dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan, serta mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan metode pembelajaran terbaru.
- Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
- Setyosari, P. & Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
- Florence, M., & Betrus, A. K. (2020). Digital media for learning, Theories, Processes and Solutions. Springer.
- Schwan, S., & Cress, U. (Eds.). (2017). The psychology of digital learning: Constructing, exchanging, and acquiring knowledge with digital media. Springer.
- Donohue, C. (Ed.). (2014). Technology and digital media in the early years: Tools for teaching and learning. Routledge.
- Ferdiansyah, Z. D., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2022). Pengembangan Objek 3D Memanfaatkan Piramida Hologram Berbasis Smartphone Materi Sistem Gerak Manusia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 72-80.
- Sari, M. R., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Digitalisasi Media Objek 3 Dimensi Kabel Fiber Optic Berbantuan Piramida Hologram Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 366-376.
- Arifudin, A., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Obyek 3 Dimensi Digital Sel Hewan dan Tumbuhan Memanfaatkan Piramida Hologram Untuk MTS. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 9-15.
- Kurniawan, D., Susilaningsih, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Obyek 3d Vacuum Circuit Breaker Memanfaatkan Piramida Hologram. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 16-22.
- Soepriyanto, Y., Sihkabuden, S., & Surahman, E. (2018). Pengembangan Obyek 3d Digital Pada Meja Piramida Hologram Untuk Pembelajaran Kelas. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 333-339.
- Teacher: Otto Fajarianto
- Enrolled students: 34
Guests cannot access this course. Please log in.