خيارات التسجيل
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang pokok bahasan terkait sosiologi Pendidikan dan pembangunan yang mencakup Pengantar/ruang lingkup sosiologi pendidikan; bentuk dan dinamika di lingkungan pendidikan; interaksi dan stratifikasi sosial di lembaga pendidikan; proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian pendidikan; nilai dan norma kehidupan sosial; fenomena konflik dan problematika di lingkungan pendidikan; sikap edukatif pada masyarakat multicultural; perilaku pendidik dalam menghadapi perubahan era globalisasi; kritis, terbuka dan peka terhadap masalah kependidikan. Pada lingkup sosiologi pembangunan akan dibahas mengenai peran masyarakat dan negara dalam pembangunan; teori-teori pembangunan; Industrialisasi dan pembangunan; kependudukan dan ketenagakerjaan dalam proses pembangunan negara maju dan negara berkembang. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan metode Team Based Project dan atau Case Method. Capaian Pembelajaran dievaluasi dengan partisipasi aktif mahasiswa dikelas, Makalah Studi Literatur pada topik sosiologi Pendidikan dan pembangunan, serta penilaian UTS dan UAS
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
AB-AB
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi tentang pokok bahasan terkait sosiologi Pendidikan dan pembangunan yang mencakup Pengantar/ruang lingkup sosiologi pendidikan; bentuk dan dinamika di lingkungan pendidikan; interaksi dan stratifikasi sosial di lembaga pendidikan; proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian pendidikan; nilai dan norma kehidupan sosial; fenomena konflik dan problematika di lingkungan pendidikan; sikap edukatif pada masyarakat multicultural; perilaku pendidik dalam menghadapi perubahan era globalisasi; kritis, terbuka dan peka terhadap masalah kependidikan. Pada lingkup sosiologi pembangunan akan dibahas mengenai peran masyarakat dan negara dalam pembangunan; teori-teori pembangunan; Industrialisasi dan pembangunan; kependudukan dan ketenagakerjaan dalam proses pembangunan negara maju dan negara berkembang. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan metode Team Based Project dan atau Case Method. Capaian Pembelajaran dievaluasi dengan partisipasi aktif mahasiswa dikelas, Makalah Studi Literatur pada topik sosiologi Pendidikan dan pembangunan, serta penilaian UTS dan UAS
Capaian Pembelajaran
- Memahami ruang lingkup sosiologi Pendidikan dan pembangunan sehingga memiliki sikap kritis, terbuka dan peka terhadap masalah Pendidikan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan perubahan zaman.
- Menganalisis dinamika lingkungan lembaga Pendidikan dengan kritis sehingga dapat menerapkan perilaku yang tepat dalam menghadapi tantangan era globalisasi.
- Memahami pentingnya nilai dan norma dalam membentuk keteraturan guna menghadapi problematika di lingkungan lembaga Pendidikan dengan kritis dan terbuka sehingga mampu menerapkan perilaku yang tepat dalam menghadapi tantangan perubahan zaman
- Menjelaskan perspektif teori pembangunan pada negara yang sedang membangun serta pembangunan pada perspektif sosiologi pembangunan dengan kritis dan terbuka sehingga mampu menerapkan perilaku yang tepat dalam menghadapi tantangan perubahan zaman
- Menjelaskan proses industrialisasi dan globalisasi dalam pembangunan serta persoalan kependudukan dalam proses pembangunan dengan kritis dan terbuka sehingga mampu menerapkan perilaku yang tepat dalam menghadapi tantangan perubahan zamamn
- Abdullah, T. Dan leeden, A.C. V.D. 1986. Durkheim dan Pengantar Sosiologi Moralitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Abraham, M. Francis. 1991. Modernisasi di Dunia ke Tiga: Suatu Teori Umum Pembangunan. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
- Anthony Hall & James Midgley. 2004. Social Policy For Development. London: SAGE Publication
- Berger, P.L. dan Luckmann, T. 1980. The Sosial Constructionof Reality. Harmondsworth: Penguin.
- Budiman, Arif. 1991. Negara dan Pembangunan: Study tentang Indonesia dan Korea Selatan. Jakarta: Penerbit Yayasan Padi dan Kapas
- Durkheim, E. 1983. Education and Society. Chicago: Free Press.
- Fakih, Mansour. 2001. Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Insist Press
- Foucault, M. 2002. Kegilaan dan Peradaban. Madness and Civilization. Yogyakarta: Ikon.
- Freire, P. 1985. Pendidikan kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
- Goldthorpe, J. E. 1992. Sosiologi Dunia ke Tiga: Kesenjangan dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit Gramedia.
- Habermas, J. 1990. Ilmu dan Teknologi Sebagai Ideologi. Jakarta: LP3ES.
- Habermas, J. 2004. Krisis Legitimasi. Yogyakarta: C.V. Qalam.
- Hoogvelt, Ankie M.M. 1985. Sosiologi Masyarakat Sedang Berkembang. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers
- Long, Norman. 1987. Sosiologi Pembangunan Pedesaan. Jakarta: Penerbit Bina Aksara
- Long, Norman. 1987. Sosiologi Pembangunan Pedesaan. Jakarta: Penerbit Bina Aksara
- McClelland, D.C. 1983. ”The Achievement Motive in Economic Growth”, dalam B.F. Hoselitz dan W.E. Moore, Industrialisation and Society, UNESCO, The hague: Molton.
- Merton, R.K. 1979. Sosial Theory and Sosial Structure. Chicago: Free Press.
- Midgley, James. 2005. Pembangunan Sosial; Perspektif Pembangunan dalam Kesejahteraan Sosial.Jakarta: Penerbit DITPERTADEPAGRI
- Muhni, D. A. I. 2003. Moral & Religi Menurut Emile Durkheim & Henri Bergson. Yogyakarta: Kanisius.
- Nasikun. 1985. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
- Peet, Richard and Elaine Hartwick. 2009. Second Edition Theories of Development. NewYork: The Guilford Press.
- Plaut, E.A. and Anderson, K. 1999. Marx on Suicide. Illinois: Northwestern Univercity Press.
- Prasetyo, W., 2009. Orang Miskin Dilarang Sekolah: (Mimpi-Mimpi Tak Terjamah). Diva Press.
- Rahimah, Abdul Aziz. 1989. Pengantar Sosiologi Pembangunan, Dewan Bahasa dan Pustaka. Kuala Lumpur
- Robinson, P. 1986. Sosiologi Pendidikan, Beberapa Perspektif. Jakarta: PT Rajawali Pers.
- Schoorl, J.W. 1988. Modernisasi: Pengantar Sosiologi Pembangunan Negara Sedang Berkembang. Jakarta: Penerbit Gramedia
- Soedjatmoko. 1984. Dimensi manusia dalam Pembangunan, Pilihan Karangan. Jakarta: LP3ES.
- Soedjatmoko. 1996. Etika Pembebasan, Pilihan Karangan Tentang: Agama, Kebudayaan, Sejarah dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
- Somantri, M.N., 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Suwarsono dan Alvin Y. So. 1991. Perubahan Sosial dan Pembangunan di Indonesia. Jakarta: Penerbit LP3ES.
- Todaro, Michel P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- المعلم: Luly Triningsih
- المعلم: Cinde Ririh Windayu
- الطلاب المسجلون: 41
لا يمكن للضيوف الوصول إلى هذا المقرر الدراسي. يرجى تسجيل الدخول.